Sukses

Food

Resep Teh Talua, Minuman Hangat Unik khas Sumatra Barat

Fimela.com, Jakarta Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khasnya masing-masing, tak terkucuali Tanah Minang. Sumatra Barat memang terkenal dengan kulinernya yang lezat, baik makanan maupun minumannya. Salah satu minuman unik yang berasal dari Tanah Minang adalah teh talua.

Dahulunya teh talua bukanlah minuman yang dapat dinikmati semua orang. Teh talua hanya dapat dinikmati oleh kaum elit Minangkabau. Minuman ini kerap kali disajikan saat pertemuan-pertemuan para bangsawan, pejabat, pedagang, serta perantau kaya di kediamannya. Teh talua baru menjadi minuman untuk orang kebanyakan setelah dibukanya kebun-kebun the di Sumatra Barat pada sepertiga awal abad ke-20

Teh Talua atau teh telur adalah minuman yang sangat digemari di Sumatra Barat. Seperti namanya teh talua merupakan minuman yang terbuat dari campuran teh dan telur dan bahan-bahan lainnya seperti susu, gula, dan sedikit perasan jeruk nipis.

Untuk kamu yang ingin mencoba teh talua, kamu bisa membuatnya di rumah. Bahan-bahan untuk membuat teh talua sangat mudah ditemukan dan cara membuatnya pun tidaklah susah.  Kamu bisa menyimak resep dan cara membuat teh talua di bawah ini.

Bahan-bahan

  • 1 butir telur ayam kampung, ambil kuningnya saja
  • 1 kantung teh celup
  • 2 sdm susu kental manis
  • 1 sdm gula pasir atau sesuai selera
  • Air secukupnya
  • Jeruk nipis secukupnya

Cara membuat

  1. Masukkan kuning telur dan gula pasir ke dalam gelas, kocok cepat hingga gula larut dan kuning telur berubah warna menjadi kuning pucat.
  2. Rebus air hingga mendidih, masukkan kantung teh celup, biarkan hingga cokelat gelap. Angkat dan tuang teh ke dalam gelas yang berisi kuning telur dan gula. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Tuang susu kental manis, aduk lagi dan beri perasan jeruk nipis sesuai selera. Teh talua siap dinikmati.

Itulah resep dan cara membuat teh talua minuman hangat khas Sumatra Barat. Selamat mencoba.

 

Penulis: Diah Ayu V.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading