Sukses

Food

Apa Itu Seblak Kering? Simak Penjelasan dan Resepnya di Sini

Fimela.com, Jakarta Seblak adalah salah satu jajanan yang sangat populer belakangan ini. Bahkan makanan ini menjadi makanan favorit banyak kaum muda di Indonesia. Seblak sendiri merupakan masakan khas Sunda yang dikenal berasal dari wilayah Parahyangan dengan cita rasa gurih dan pedas. Terbuat dari kerupuk basah bumbu halus yang terdiri dari bawang putih dengan kencur.

Bahan dasar dari seblak adalah kerupuk. Cara pembuatan seblak sangatlah mudah yaitu dengan merebus kerupuk kemudian ditambahkan sayuran dan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam, kencur, cabai rawit, dan penyedap rasa tergantung selera.

Ada dua jenis seblak, yaitu seblak basah dan seblak kering. Seblak yang paling populer adalah seblak basah. Namun ada juga yang lebih menyukai seblak kering. Sayangnya karena kalah populer dari seblak basah, tidak banyak yang menjual seblak kering. Namun kamu jangan khawatir. Kamu bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Yuk simak resepnya berikut ini.

Resep Seblak Kering

Bahan-bahan:

  • 500 gr kerupuk bawang
  • Daun jeruk
  • Kencur
  • Bawang putih
  • 2 cabe setan
  • Cabe halus
  • Garam/penyedap (bisa keduanya)
  • Minyak

Cara membuat:

  1. Masukkan kerupuk dalam kuali, lalu siram dengan minyak hingga kerupuk terendam semua lalu nyalakan kompor dengan api kecil. Balik hingga warna kecokelatan lalu tiriskan
  2. Iris tipis kencur, bawang, dan cabe lalu goreng hingga kecoklatan (goreng masing-masing). Potong daun bawang sesuai selera lalu goreng.
  3. Hancurkan kencur, bawang dan cabe.
  4. Masukan kerupuk yang sudah di tiriskan kedalam baskom lalu tambahkan cabe bubuk, garam/penyedap, bawang kencur dan cabe yang sudah di tumbuk dan daun jeruk.

Jangan lupa koreksi rasa terlebih dahulu sampai rasanya cocok dengan keinginanmu. Yuk coba bikin seblak kering sendiri!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading