Sukses

Food

4 Tips Bikin Kulit Pastel Renyah Meski Sudah Dingin

Fimela.com, Jakarta Membuat kue pastel mungkin tampak sederhana, tapi terkadang beberapa orang tidak pandai membuat kulit pastel yang enak dan renyah. Beberapa justru terasa keras dan terlalu tebal serta lembek sehingga kurang nikmat. Jika kamu tipe orang yang suka makan pastel dengan kulit renyah dan empuk bahkan setelah lama digoreng, ini beberapa tips yang bisa diikuti untuk bikin kulit pastel renyah.

1.Gunakan margarin

Jangan menggunakan mentega (butter), karena tekstur kulit pastel akan terasa empuk. Gunakan margarin sebagai lemak yang dicampurkan ke dalam adonan karena margarin mampu memberikan tekstur renyah pada adonan kue yang digoreng seperti halnya kulit pastel.

2. Gunakan tepung terigu protein rendah

Penggunaan tepung terigu juga berpengaruh terhadap tekstur yang dihasilkan kulit pastel. Tepung terigu protein rendah berarti memiliki kandungan gluten yang rendah. Semakin tinggi gluten yang terkandung dalam tepung, maka makin tinggi tingkat kekenyalan atau elastisitas olahan yang dibuat dengan tepung tersebut. Sedangkan semakin rendah kadar gluten, maka adonan yang dibuat juga akan lebih renyah. Tepung jenis ini umum digunakan untuk membuat kue kering, kulit pie, crepes dan kulit pastel. Itulah alasan pentingnya mempertimbangkan penggunaan tepung protein rendah.

3. Diamkan adonan sebelum dibentuk

Untuk mendapatkan tekstur renyah setelah pastel digoreng, pastikan mendiamkan adonan yang sudah diuleni. Waktu restingnya tidak harus lama, cukup 15-20 menit saja di suhu ruangan. Waktu ini memungkinkan adonan lebih elastis, sehingga tidak mudah sobek saat dibentuk, tidak terlalu tebal membungkus isian pastel, sekaligus membuat kulit lebih krispi renyah setelah digoreng.

4. Pastikan minyak sudah panas

Menggoreng pastel di minyak yang belum panas akan menyebabkan kulit pastel menyerap banyak minyak sehingga kurang renyah saat dimakan. Pastikan menggoreng pastel dalam minyak yang sudah panas agar kulit pastel tidak menyerap minyak dan menghasilkan tekstur yang kriuk bahkan setelah dingin. Kulit pastel tidak akan mudah melempem meskipun sudah lama digoreng.

Itu dia sekian tips bikin kulit pastel yang renyah, semoga bermanfaat ya!

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading