Sukses

Food

5 Makanan yang dapat Memicu Sakit Kepala, Salah Satunya Sering Dikonsumsi Banyak Orang

Fimela.com, Jakarta Banyak hal yang dapat memicu sakit kepala, mulai dari aktivitas, kondisi kesehatan, hingga makanan yang dikonsumsi. Melansir dari Health Line, Migraine Research Foundation mengatakan beberapa makanan dapat memicu sakit kepala saat dikombinasikan dengan pemicu lainnya. Mengonsumsinya pun harus diperhatikan. Bila dikonsumsi bersamaan saat kondisi tubuh sedang tidak fit, stres, hingga kurang tidur makanan di bawah ini akan memicu sakit kepala atau migrain yang bervariasi.

Beberapa orang mungkin lebih rentan mengalami sakit kepala, terutama orang dengan riwayat penyakit khusus dan perempuan. Beberapa makanan dianggap menjadi pemicu besar timbulnya sakit kepala bagi orang-orang yang rentan. Apa saja makanan tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

1. Kafein

Terlalu banyak kafein akan menyebabkan migrain atau sakit kepala. Namun bagi beberapa orang lainnya, kafein justru dapat membantu meredakan serangan sakit kepala. Reaksi seseorang setelah mengonsumsi kafein dilihat berdasarkan kondisi tubuh tiap orang. Penelitian menunjukkan bahwa bagi orang yang rentan terserang sakit kepala harus membatasi asupan kafein harian hingga 200 miligram.

Makanan dan minuman yang mengandung kafein antara lain:

  • Kopi
  • Teh
  • Cokelat

2. MSG (Monosodium Glutamat)

Monosodium glutamat atau MSG adalah garam natrium dari asam glutamat yang secara alami ada dalam tubuh kita. MSG biasa digunakan dalam banyak makanan sebagai aditif dan dianggap aman untuk dikonsumsi. Namun sebuah penelitian menemukan bahwa MSG dapat memicu migrain lebih parah bagi beberapa orang yang memiliki riwayat migrain. Tak hanya migrain, MSG yang ditemukan pada kecap juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

3. Daging yang Diawetkan

Ham, hotdog, sosis, dan jenis daging yang diawetkan lainnya ternyata dapat memicu sakit kepala. Terjadi demikian karena semua produk daging yang diawetkan mengandung pengawet yang disebut nitrat untuk mempertahankan warna dan rasa. Hal ini dapat melepaskan oksida nitrat ke dalam darah yang diduga melebarkan pembuluh darah di otak yang menyebabkan sakit kepala.

4. Makanan yang Diasinkan dan Difermentasi

Makanan yang diasinkan dan difermentasi seperti acar dapat memicu timbulnya sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh kandungan tiramin dalam jumlah tinggi pada makanan fermentasi. Selain acar, makanan khas Korea Selatan yaitu kimchi juga dapat memicu sakit kepala.

5. Pemanis Buatan

Banyak makanan olahan dan kemasan yang mengandung pemanis buatan sebagai alternatif gula untuk menambah rasa manis. Pemanis buatan yang biasa digunakan adalah aspartam dan sucralose. Beberapa orang terbukti mengalami serangan sakit kepala setelah mengonsumsi makanan yang mengandung aspartam dan sucralose dalam jumlah tinggi. Dokter spesialis kepala menyarankan agar menghindari makanan yang mengandung pemanis buatan saat sedang stres, dalam periode menstruasi, dan cuaca buruk karena dapat memperburuk kondisi migrain.

Sakit kepala tidak hanya disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi, namun juga kondisi fisik dan mental seperti stres, kelelahan, keadaan hormon, dan lain-lain. Kelola stres dan hindari pemicu berat agar terhindar dari serangan sakit kepala.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

What's On Fimela
Loading