Sukses

Food

7 Manfaat Lemon Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Buah lemon adalah salah satu buah yang disukai banyak orang. Salah satu alasannya karena buah ini sangat menyegarkan. Apalagi jika diolah menjadi minuman yang menyegarkan. Misalnya adalah lemon squash.

Buah-buahan umumnya mengandung berbagai vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Begitu juga dengan buah lemon. Dalam satu buah lemon memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Apa saja manfaat buah lemon bagi kesehatan? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan

1. Mengontrol Tekanan Darah

Dalam air lemon terkandung sejumlah kalium yang sangat bermanfaat dalam membantu mengontrol tekanan darah. Hal ini tentu saja akan sangat berguna bagi mereka yang mengalami gangguan hipertensi (tekanan darah tinggi). Dengan manfaat air lemon secara teratur akan dapat membantu mereka membuat tekanan darah menjadi normal serta dapat memberikan efek relaksasi pada pikiran.

2. Melancarkan Pencernaan

Dengan mengkonsumsi air lemon ternyata juga dapat membantu meringankan masalah pencernaan, seperti mulas, mual, perut kembung, sendawa, maupun gangguan sembelit (susah buang air besar). Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan perasan air lemon dengan air hangat.

3. Membersihkan Tubuh dari Bakteri

Ekstrak air lemon dapat membantu menghilangkan penumpukan bakteri dalam tubuh (sepsis) yaitu dengan mempengaruhi kemampuan anti scourbutic tubuh dalam mencegah penyakit dan membersihkan tubuh dari kotoran. Mengonsumsi segelas air lemon hangat di pagi hari setelah bangun tidur, dapat membantu membersihkan lendir tidak berguna dalam tubuh.

4. Meringankan Kecemasan

Beberapa hasil penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan minyak essential dalam buah lemon dapat membantu memberikan efek yang menenangkan serta meringankan kelelahan, pusing, gelisah, gugup, serta ketegangan. Hal ini akan membantu meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan seseorang.

Manfaat Lemon untuk Kesehatan Lainnya

5. Mencegah Anemia

Anemia terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Lemon mengandung beberapa zat besi, sehingga dapat mencegah anemia dengan diimbangi mengonsumsi makanan nabati agar penyerapan zat besi pada tubuh dapat optimal. Lemon juga mengandung vitamin C dan asam sitrat yang dapat melindungi dari anemia dengan memastikan bahwa tubuhmu menyerap zat besi sebanyak mungkin dari makanan lainnya juga.

6. Meningkatkan Imunitas

Manfaat buah lemon bagi kesehatan berikutnya adalah mampu meningkat kekebalan tubuh dengan meningkatkan sistem imun. Manfaat ini masih didapatkan dari peran vitamin sebagai zat antioksidan yang mampu merangsang sistem imun tubuh yang lebih kuat.

7. Menurunkan Resiko Stroke

Kandungan vitamin C dalam lemon berperan sebagai zat antioksidan flavonoid yang dapat bekerja menurunkan resiko stroke iskemik pada wanita. Tak hanya itu, kandungan flavonoid pun dinilai ampuh mencegah penyakit stroke secara umum. Sebab, dengan konsumsi buah lemon tubuh bisa mendapatkan asupan vitamin C yang cukup. Mengingat salah satu penyebab penyakit stroke sendiri adalah kurangnya kadar vitamin C pada darah.

Ternyata buah lemon sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Yuk mulai rutin mengonsumsi buah lemon agar kesehatan kita tetap terjaga.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading