Sukses

Food

Penting, Ini Cara Memasak Terong Agar Tidak Berubah Warna

Fimela.com, Jakarta Pernah mendapati terong yang hendak dimasak berubah warna Sahabat Fimela? Keadaan seperti ini cukup menjengkelkan. Apalagi jika kita hendak memasak untuk orang-orang tercinta dan keluarga besar. Warna makanan yang tak lagi cantik, tidak jarang membuat selera makan menurun. Termasuk ketika kita mendapati warna terong yang hendak dimasak jadi lebih gelap atau tidak segar lagi. 

Untuk memasak terong agar tidak berubah warna, sebenarnya ada beberapa cara memasak yang bisa dilakukan. Bagaimana caranya?

Pemilihan Terong

Ada banyak jenis terong yang bisa kita olah menjadi masalah. Yang paling banyak digemari adalah terong ungu dan terong bulat keci. Keduanya sama-sama rentan berubah warna ketika kita kurang tepat dalam mengolahnya. Cara pertama agar warna terong tak berubah, pemilihan terong juga harus baik. Apapun jenis terongnya, pilih terong yang masih segar, muda dan baru. Terong segar dan baru akan lebih menggugah selera. 

Rendam dengan Air

Usahakan untuk merendam terong yang telah dipotong ke dalam wadah berisi air sebelum dimasak. Air akan menjaga warna terong tetap segar setelah dipotong. Biasanya, terong akan berubah warna jadi lebig gelap ketika kita memotongnya terlalu lama.

Rebus atau Goreng Sebelum Dimasak

Rebus atau goreng dulu terong yang hendak dimasak. Jika ingin merebus terong, pastikan untuk merebus terong dengan air yang sudah mendidih. Begitupun dengan menggoreng terong, masukkan terong ke dalam wajan saat minyak sudah panas. Cara ini akan menjaga warna terong tetap segar dan menggugah selera.

Gunakan Bumbu Matang

Untuk memasak terong, gunakan bumbu yang sudah dimatangkan sebelumnya. Bumbu ini bisa dimatangan dengan cara direbus atau digoreng terlebih dulu sebelum dihaluskan. Memasak terong bersama bumbu mentah memungkinkan terong dimasak terlalu lama dan warnanya akan berubah.

Masak Sebentar Saja

Karena terong dan bumbu sudah dimasak sebelumnya, kedua bahan bisa dimasak bersama dalam waktu sebentar saja. Hal ini akan membuat terong tetap segar. Masakan terong pun akan terasa lebih nikmat dan menggugah selera. 

Sekian beberapa cara masak terong agar tidak berubah warna. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading