Sukses

Food

Resep Geti Wijen, Camilan Tradisional Bercita Rasa Manis

Fimela.com, Jakarta Indonesia dikenal dengan ragam kulinernya yang kaya. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki kuliner khasnya masing-masing yang menjadi salah satu kebanggaan dari daerah tersebut. Mulai dari makanan berat, minuman, hingga camilan.

Berbicara mengenai camilan khas ada salah satu camilan khas Indonesia yang memiliki cita rasa manis legit yang dinamai Geti Wijen. Geti Wijen adalah camilan yang terbuat dari wijen atau gabungan antara wijen dan kacang tanah yang direkatkan dengan rebusan gula yang pekat. Makanan ini biasanya disajikan saat lebaran. Namun makanan ini juga bisa kamu nikmati di hari-hari biasa sebagai teman ngeteh.

Untuk kamu yang penasaran seperti apa lezatnya jajanan tradisional ini, kamu bisa membuatnya di rumah. Kamu bisa menyimak resep dan cara membuatnya di bawah ini.

Bahan-bahan

  • 250 gram gula pasir
  • 125 gram wijen sangrai
  • 125 gram kacang tanah, kupas kulit arinya dan sangrai
  • 2 sdm air
  • 2 sdm madu
  • 1 sdm mentega
  • ½ - 1 sdt garam

Cara Membuat

  1. Tumbuk kasar kacang tanah yang sudah di sangria dan di kupas kulit arinya. Sisihkan
  2. Masukkan gula, garam, madu, dan air kedalam wajan anti lengket. Masak dengan api kecil sampai mengental sembari di aduk. Setelah itu, masukkan mentega dan aduk kembali.
  3. Matikan kompor. Masukkan wijen dan kacang aduk rata dengan cepat saat adonan masih panas.
  4. Tuang dengan cepat adonan geti wijen diatas wadah yang sudah dialasi dengan kertas minyak. Tutup sisi atas adonan dengan kertas minyak yang lain. Gilas adonan menggunakan centong nasi atau sendok hingga permukaan rata. Buka kertas minyak dan dinginkan.
  5. Jika adonan geti sudah dingin dan mongering, potong sesuai selera. Geti wijen pun siap dinikmati.

Itulah cara membuat geti wijen, jajanan manis dari Tulungagumng. Selamat mencoba

 

Penulis: Diah Ayu V.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading