Sukses

Food

Resep Bir Pletok, Minuman khas Betawi yang Cocok Diminum saat Hujan

Fimela.com, Jakarta Kekayaan ragam budaya yang dimiliki Indonesia tak usah diragukan lagi. Salah satu bukti bahwa Indonesia kaya akan ragam budaya adalah banyaknya kuliner khas Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khasnya masing-masing. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak kuliner khas yang lezat adalah Jakarta.

Jakarta yang juga merupakan Ibu Kota negara Indonesia memiliki segudang kuliner khas yang lezat mulai dari makanan berat, jajanan tradisional, hingga minuman. Salah satu minuman khas yang popular di Jakarta adalah bir pletok. Bir pletok atau bir Betawi merupakan minuman khas masyarakat betawi yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Bir pletok diciptakan oleh para pribumi yang terinspirasi ketika melihat orang Eropa yang tinggal di Jakarta pada saat itu yang biasa minum bir untuk menghangatkan badan. Meski diberi nama bir pletok tapi minuman ini tidak mengandung alkhohol sehingga tidak memabukkan.

Minuman ini terbuat dari rempah-rempah yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh sehingga cocok diminum di musim penghujan. Rempah-rempah yang menjadi komposisi bir pletok umumnya adalah jahe, serai, kayu manis, kayu secang, dan berbagai rempah lainnya. Selain untuk menghangatkan tubuh minuman ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan diantaranya meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar peredaran darah, melancarakan sistem pencernaan, meredakan nyeri otot, meredakan mual, dan meredakan sakit kepala.

Untuk sahabat Fimela yang sedang mencari minuman yang cocok untuk menghangatkan tubuh saat musim penghujan, maka kamu bisa menjadikan minuman khas Betawi ini sebagai pilihan. Minuman ini bisa kamu buat dirumuah karena bahan-bahannya yang cukup mudah ditemukan dan cara membuatnya yang simpel. Berikut merupakan resep membuat bir pletok serta cara membuatnya, simak baik baik ya!

Bahan-Bahan

 

  1. 300gram jahe (memarkan)
  2. 3 batang sereh (bagian putih memarkan)
  3. kayu manis (kurang lebih 5cm)
  4. 15gram kayu secang
  5. 6 buah cengkeh
  6. 1 buah biji pala (memarkan)
  7. 2 helai daun pandan (ikat)
  8. 1 cup gula pasir
  9. 1 liter air

 

Cara Membuat

  1. Panaskan 1 liter air dalam panci
  2. Masukkan jahe dan gula pasir kedalam panci, aduk hingga gula pasir larut dengan air
  3. Masukkan biji pala, cengkeh, kayu manis, sereh, daun pandan, kayu secang ke dalam panci
  4. Rebus rempah-rempah tersebut selama kurang lebih 30 menit sampai air dalam panci sedikit berkurang
  5. Saring air rebusan bir pletok ke dalam sebuah wadah atau ke dalam teko
  6. Tuang bir pletok pada gelas, dan bir pletok siap untuk dinikmati.

Nah, itulah resep dan cara membuat bir pletok dirumah. Mudah kan sahabat Fimela? Selamat mencoba ya

 

Penulis: Diah Ayu V

 

 

What's On Fimela
Loading