Sukses

Food

Resep Kue Black Forest Homemade, Mudah dan Bisa Jadi Ide Kue Ulang Tahun

Fimela.com, Jakarta Hal yang biasa dilakukan ketika berulang tahun adalah mengadakan pesta untuk merayakan pertambahan usia. Pesta ulang tahun juga diadakan sebagai tanda syukur karena berhasil sampai di tahap sekarang dan bisa bertahan hingga usia saat ini. 

Pesta ulang tahun biasanya identik dengan anak-anak karena umumnya yang mengadakan pesta ulang tahun adalah anak kecil. Hal ini dikarenakan pesta ulang tahun untuk anak-anak tidak hanya bertujuan untuk merayakan pertambahan usia mereka, namun juga sebagai ajang bersenang-senang dan bermain bersama teman-teman seusianya.

Namun kalau orang yang sudah dewasa ingin merayakan ulang tahunnya dan ingin mengadakan pesta juga boleh-boleh saja lho, Sahabat Fimela. Perayaan ulang tahun bagi orang dewasa justru tidak kalah menyenangkannya karena kamu bisa bertemu dengan teman-temanmu yang mungkin sudah lama tidak kamu temui. Singkat kata, kamu bisa juga mengadakan reuni kecil-kecilan di acara pesta ulang tahunmu. Menyenangkan, bukan?

Hal yang paling identik dengan pesta ulang tahun tentu saja keberadaan kue ulang tahun. Bukan pesta ulang tahun namanya kalau tidak ada acara meniup lilin di kue ulang tahun. Namun pesta ulang tahun akan tambah bermakna kalau kue tersebut kamu buat sendiri. Ingin mencobanya? Yuk simak resep kue black forest yang bisa jadi ide kue ulang tahun berikut ini.

Resep Kue Black Forest

Bahan-bahan:

  • 200 gram gula pasir
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 100 gram mentega60 gram coklat bubuk
  • 40 gram tepung maizena
  • 1/4 sdt vanili
  • 8 butir telur
  • 1 sendok teh emulsifier

Bahan untuk hiasan:

  • 500 gram krim kocok
  • 100 gram dark cooking chocolate (DDC)
  • 10 buah cherry merah
  • 1 kaleng cherry hitam yang sudah disaring dan dipisah dari airnya.

Cara membuat:

  1. Sebelum memulai mencampurkan bahan-bahan, siapkan peralatan untuk membuat kue yakni loyang ukuran 22x22x4 3 buah, mixer, dan juga wadah.
  2. Olesi loyang dengan mentega secara merata agar nanti ketika adonan dimasak menjadi tidak lengket serta taburi dengan tepung terigu agar kue mudah dikeluarkan. Siapkan wajan dan cairkan mentega dengan api kecil. Setelah selesai angkat dan sisihkan untuk didinginkan. 
  3. Ayak bahan-bahan yang berbentuk tepung seperti tepung terigu, coklat bubuk, tepung maizena, dan vanili dan sisihkan.
  4. Siapkan wadah bersih dan kering dan masukkan telur, emulsifier, dan gula pasir kemudian aduk menggunakan mixer hingga merata. Proses mengadukan akan memakan waktu sekitar 10 menit dengan kecepatan tinggi.
  5. Masukkan bahan-bahan yang sudah diayak sebelumnya ke dalam wadah lalu kembali kocok menggunakan mixer hingga semua bahan tercampur rata.
  6. Mentega yang telah dilelehkan tadi kemudian dimasukkan dan diaduk bersama dengan bahan-bahan hingga tercampur.
  7. Semua bahan yang sudah tercampur merata kemudian dimasukkan ke dalam loyang selama 45 menit dengan suhu 180 derajat. Setelah matang angkat dan dinginkan kue menggunakan suhu ruangan.

Cara menghias kue:

  1. Kue yang sudah dingin kemudian diolesi menggunakan air dari cherry hitam.
  2. Masukkan kue ke dalam kulkas agar air cherry dapat meresap secara merata pada kue.
  3. Keluarkan kue kemudian berikan lapisan krim pada kue secara merata dan berikan cherry hitam di bagian atas.
  4. Kemudian tutup bagian permukaan kue menggunakan mentega putih lalu hias atas dan pinggir kue menggunakan dark chocolate serta cherry.
  5. Sesuaikan toping atau hiasan dengan selera.Kue black forest panggang yang lezat dan nikmati siap disajikan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading