Sukses

Food

Tips Agar Es Tidak Cepat Mencair yang Penting Diketahui

Fimela.com, Jakarta Es krim menjadi salah satu makana atau camilan yang disukai oleh hampir semua orang. Baik anak-anak hingga orang dewasa, hampir semuanya nyaris tak bisa menolak kelezatan es krim. Es sendiri merupakan makanan yang terbuat dari susu dan beberapa bahan lain. Biasanya, tekstur es krim sangat lembut dengan cita rasa manis khas yang menggugah selera. 

Es adalah makanan yang dibuat dari kondisi cair. Setelah itu, es krim dibekukan hingga mencapai kepadatan tertentu, hingga selanjutnya bisa dikonsumsi. Tidak seperti es lainnya, meski sudah beku atau padat, es krim harus segera disajikan. Berada di luar freezer dalam waktu sebentar saja, ini akan membuat es krim rentan mencair. 

Bahkan, penyimpanan es krim yang kurang tepat, ini juga membuatnya rentan mencair. Lantas, bagaimana tips agar es krim tak cepat mencair? Coba simak yang berikut ini.

Simpan di Wadah Kedap Udara

Sebelum menyimpannya, pastikan untuk meletakkan es krim di wadah kedap udara. Setelah itu, simpan es krim di freezer. Wadah yang kedap udara akan menjaga suhu es krim. Ini juga memungkinkan es krim memiliki kualitas yang tetap maksimal, baik dari cita rasa, tektur dan aroma.

Simpan di Wadah Datar dan Lebar

Jika kamu menyimpan es krim dalam jumlah cukup banyak, sebaiknya simpan di wadah yang datar dan lebar. Stoples berbentuk persegi panjang bisa menjadi pilihan yang tepat. Kenapa? Ini agar suhu dingin freezer menyebar ke wadah pun es krim di dalamnya. Saat es krim mendapat suhu yang sama, ini membuatnya semakin enak dengan kepadatan yang pas.

Lapisi dan Bungkus Wadah dengan Plastik Wrap

Sebaiknya, lapisi dan bungkus wadah es krim dengan plastik wrap. Tujuannya adalah, menghindarkan pembentukan kristal es yang bisa merusak tektur serta kualitas es krim.

Simpan di Freezer Bagian Belakang

Menyimpan bahan makanan di dekat pintu freezer memang memudahkan kita untuk mengambil makanan tersebut. Namun, sebaiknya jangan lakukan hal ini saat menyimpan es krim. Pintu freezer yang sering dibuka, membuat suhu ruangan lebih mudah masuk ke freezer. Ini akan membuat es krim lebih cepat mencair. Sebaiknya, simpan es krim di freezer bagian belakang. Tujuannya adalah, agar suhu es tetap stabil dan terhindar dari risiko mudah mencair.

Perhatikan Suhu Freezer

Suhu freezer adalah hal yang wajib untuk diperhatikan saat menyimpan es krim. Sebaiknya simpan es krim di freezer dengan suhu di bawah 17 derajat celcius. 

Itulah sekian tips menyimpan es krim agar tidak cepat mencair. Selain hal di atas, hal yang perlu diperhatikan lagi saat menyimpan es krim adalah, hindarkan menyimpan es krim di dekat bahan makanan lain dengan aroma menyengat. Hindari juga menyimpan es krim bersama bahan makanan lain, seperti daging mentah serta ikan mentah. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading