Sukses

Food

Tips Memasak Daging Sapi Agar Tidak Bau

Fimela.com, Jakarta Daging sapi merupakan salah satu bahan makanan kesukaan hampir semua orang. Daging sapi memiliki cita rasa khas dan bisa diolah menjadi berbagai masakan menggugah selera. Biasanya, sebelum daging sapi diolah menjadi berbagai masakan, daging sapi akan direbus terlebih dulu. Tujuannya adalah, agar daging sapi memiliki tekstur yang lebih empuk dan bebas bau amis atau prengus. 

Mengolah daging sapi bisa dibilang gampang-gampang susah. Apalagi jika sudah berurusan dengan cara untuk menghilangkang baunya, tanpa mengurangi kelezatan dan cita rasa khas daging. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau pada daging sapi.

Manfaatkan Jahe

Tips pertama untuk menghilangkan bau pada daging sapi adalah dengan memanfaatkan jahe. Caranya cukup mudah, saat merebus daging, masukkan beberapa ruas jari jahe yang digeprek. Kamu juga bisa menambahkan jahe ke dalam bumbu untuk masakan daging sapi. Jahe akan membantu mengatasi bau amis dan membuat cita rasa masakan daging sapi makin menggugah selera.

Nanas

Selanjutnya manfaatkan nanas untuk mengatasi bau amis pada daging sapi. Parut sedikit buah nanas dan campur ke dalam air rebusan daging. Selain bermanfaat mengatasi bau pada daging sapi, nanas juga bermanfaat membuat daging sapi lebih empuk.

Air Lemon

Air lemon tak hanya bermanfaat mengatasi bau amis pada ikan laut dan ikan air tawar. Air lemon juga bermanfaat mengatasi bau pada daging sapi. Caranya cukup mudah, ambil 1 sendok makan air lemon kemudian buat untuk membalur daging sapi. 

Diamkan beberapa saat kemudian masak daging sapi sesuai selera atau rebus dulu sebelum dimasak. Tapi ingat, gunakan air lemon sedikit saja karena air lemon yang terlalu banyak justru membuat cita rasa dan aroma khas daging sapi berubah.

Taburkan Garam

Garam juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bau pada daging sapi. Taburi daging sapi yang hendak diolah dengan garam sedikit saja secara merata. Selain menghilangkan bau, garam juga bermanfaat membuat daging sapi lebih gurih dan sedap. 

Hilangkan Lemak

Hilangkan lemak dari daging sapi. Biasanya, bau pada daging sapi berasal dari lemak di daging sapi. Sisihkan atau buang lemak yang menempel pada daging sapi. 

Itulah sekian tips mudah menghilangkan bau pada daging sapi. Selain cara di atas, cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi bau pada daging sapi adalah pastikan membeli daging sapi yang segar. Pilih bagian daging yang mengandung sedikit lemak di dalamnya. Hindari merebus daging sapi bersama jeroan, kikil, ekor pun kaki sapi. Semoga informasi ini bermanfaat.

What's On Fimela
Loading