Sukses

Food

Resep Granola Bar Homemade, Camilan Wajib Untuk Diet

Fimela.com, Jakarta Camilan adalah makanan ringan yang dimakan di antara waktu makan. Terkadang dimakan sebelum makan atau bisa juga sebelum makan. Camilan biasanya berupa makanan yang ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu mengenyangkan. Oleh karena itu camilan bisa dimakan sebelum makan makanan utama.

Siapa sih yang tidak suka ngemil? Kebanyakan orang suka ngemil karena kandungan kalorinya yang kecil dan tidak terlalu mengenyangkan. Namun, meskipun kalorinya kecil, namun kalau makan dalam jumlah besar tetap saja kalori yang dikonsumsi jadi besar. Hal inilah yang membuat orang-orang yang sedang diet jadi tidak suka ngemil.

Namun ada camilan yang aman dimakan oleh orang yang sedang menjalani diet. Kalori dalam granola bar sekitar 100-150 kalori. Jangan tertipu dengan angkanya. Meskipun terlihat besar, namun kandungan di dalamnya sangat padat. Granola bar mengandung nutrisi dan serat yang bisa melancarkan pencernaan. Selain itu, protein di dalamnya juga bisa membuatmu kenyang lebih lama.

Nah kamu bisa membuat granola bar sendiri di rumah. Yuk simak resepnya berikut ini.

Resep Granola Bar

Bahan-bahan: 

  • 160 gr oat instan
  • 100 gr kacang mete dan kacang almond sangrai, cincang kasar
  • 100 gr campuran buah kering seperti cranberry, kismis dan kurma. Untuk kurma bisa dicincang kasar terlebih dahulu.
  • 80 gr butter rendah kalori
  • 150 ml madu

Cara membuat: 

  1. Campurkan kacang-kacangan, campuran buah kering, dan oat instan. Sisihkan.
  2. Dalam wadah terpisah, campurkan butter dan madu hingga rata.Tuang campuran butter dan madu ke campuran kering (kacang, oat dan buah kering). Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Siapkan loyang, oles dengan margarin dan lapisi dengan kertas roti.Tuang adonan granola ke dalam loyang. Tekan-tekan hingga memadat.
  4. Masukkan granola yang sudah ada di loyang ke dalam kulkas. Dinginkan kurang lebih 1 jam.
  5. Setelahnya, kamu bisa potong sesuai selera. Dan masukkan granola bar ke dalam wadah kedap udara.

Tips Membuat Granola Bar

Granola bar mudah sekali pecah atau sulit menyatu, hal tersebut bisa dihindari dengan melakukan tips berikut ini:

  • Adonan granola harus ditekan dengan kuat pada loyang. Waktu terbaik untuk memadatkan adonan granola bar kurang lebih 1 menit.
  • Gunakan madu dan gula merah untuk merekatkan berbagai bahan kering agar adonan granola bar menyatu secara sempurna. Kamu juga bisa gunakan cokelat yang dicairkan sebagai perekat ekstra untuk adonan granola bar.
  • Untuk lebih merekatkan berbagai bahan granola bar, kamu juga bisa memanaskan campuran madu, mentega dan gula merah selama 1 menit.
  • Dinginkan granola bar kurang lebih 2 jam agar tekstur dari granola bar lebih padat. Granola bar lebih baik didinginkan di kulkas atau freezer.
  • Granola bar yang sudah jadi bisa bertahan di suhu ruang selama 1 minggu dengan catatan disimpan di wadah tertutup dan kedap udara.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading