Sukses

Food

4 Tips Menggoreng Makaroni Renyah dan Anti Melempem

Fimela.com, Jakarta Ingin membuat camilan makaroni yang renyah tapi bingung bagaimana cara membuatnya sendiri di rumah? Mungkin beberapa tips menggoreng makaroni berikut ini bisa dipraktekkan di rumah.

1. Pilih makaroni kualitas baik

Ada banyak sekali jenis makaroni yang dijual di pasaran, ada jenis pasta yang tebal dan tidak cocok digoreng karena umumnya direbus dan dimasak dengan bumbu hingga matang empuk seperti kita masak mie instan. Ada juga jenis makaroni yang digoreng seperti kerupuk sehingga bisa mekar mengembang. Pilih makaroni jenis goreng jika ingin membuat makaroni bantet maupun makaroni mekar.

2. Rendam di dalam minyak dingin

Jika berniat membuat makaroni bantet sebagai camilan, langkah penting yang harus dilakukan adalah merendam makroni mentah dengan minyak. Bersihkan makaroni dengan tisu lalu tempatkan makaroni mentah di dalam wajah. Tuang minyak hingga merendam makaroni. Biarkan selama 5-10 menit. Cara ini akan membantu membuat makaroni tidak mengembang saat digoreng dan menjadi bantet tapi renyah.

3. Menggoreng hingga matang

Langkah selanjutnya adalah nyalakan api kompor. Wajan sudah berada di atas api dan biarkan minyaknya perlahan memanas. Jika sudah panas, sesekali aduk agar matangnya merata. Jaga apinya jangan terlalu besar agar tidak gosong dan jangan terlalu kecil agar tidak alot saat dimakan. Gunakan api sedang yang panasnya stabil. Jika dirasa makaroni sudah matang dan warnanya berubah kecoklatan, angkat dan tiriskan di atas tisu untuk menyerap kelebihan minyak.

4. Bumbui secukupnya

Jika minyaknya sudah tiris, tinggal dibumbui dengan bumbu siap pakai, atau boleh meracik sendiri seperti yang diinginkan. Umumnya menggunakan cabai bubuk, garam, kaldu bubuk dan pootongan daun jeruk. Simpan di dalam wadah tertutup agar tidak melempem.

Itu dia tips membuat makaroni yang renyah dan enak disantap sebagai camilan. Yuk coba di rumah!

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading