Sukses

Food

4 Tips Menyimpan Roti Tawar agar Tahan Lama dan Tidak Berjamur

Fimela.com, Jakarta Bagi pecinta roti tawar, mungkin salah satu permasalahn yang sering dihadapi ketika membeli roti tawar adalah cepat berjamur, basi dan masa kedaluwarsa yang terlalu cepat habis, padahal lembaran rotinya masih banyak dan belum kemakan semuanya. Tentu sayang sekali jika harus dibuang padahal sebenarnya masa simpan dan konsumsinya bisa diperpanjang jika cara kita menyimpannya tepat. Begini tips menyimpan roti tawar agar tahan lama dan tidak mudah basi.

1. Bungkus tas kertas

Jika punya tas belanja kertas berwarna cokelat, ternyata tas itu bisa berguna untuk menyimpan roti agar tahan lama dan tidak mudah berjamur karena tas kertas akan menyerap kelembapan di sekitarnya, apalagi jika disimpan di dalam kulkas. Tas kertas mampu menyerap aroma kulkas sehingga rasa dan aroma roti tidak berubah ketika akan dimakan.

2. Simpan di freezer

Untuk mencegah pertumbuhan jamur pada roti tawar, kita juga bisa menyimpan roti tawar di freezer karean secara alami suhu dingin akan mematikan bakal jamur. Memang akan kaku dan keras jika ingin memakannya ketika sudah disimpan lama di freezer, tapi juga bisa tahan berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan jika disimpan di freezer. Bisa hemat sekaligus tidak membuang-buang makanan.

3. Jangan taruh di tempat lembap

Jika freezer sedang penuh atau takut terkontaminasi dengan bahan-bahan makanan mentah yang ada di freezer, bisa juga disimpan di ruangan yang tempatnya kering dan sejuk. Pastikan tidak menaruh di tempat yang lembap dan mudah didatangi hewan-hewan misalnya lalat, semut, cicak atau bahkan kecoa. Pastikan tempatnya bersih dan tidak basah.

4. Simpan di tepat kedap udara

Jika khawatir roti tawar akan berjamur, kamu juga bisa menyimpannya di dalam kotak kedap udara atau plastik yang bisa divakum dan disegel/sealed. Cara ini juga efektif memperlambat tumbuhnya jamur kadarena pada dasarnya jamur butuh udara utuk tumbuh tapi jika bungkusnya sudah divakum, tidak ada celah untuk tumbuh. Kemudian bisa disimpan di dalam kulkas agar lebih awet. 

Itu dia sekian tips menyimpan roti tawar agar tahan lama dan tidak mudah berjamur. 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading