Sukses

Food

Tips Membuat Bawang Goreng Renyah dan Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Bawang goreng menjadi salah satu makanan yang disukai oleh hampir semua orang. Aneka masakan akan terasa lebih sedap jika ditambahkan bawang goreng di dalamnya. Sajian nasi uduk pun akan terasa lebih nikmat dengan taburan bawang goreng yang renyah.

Bawang goreng tidak jarang menjadi camilan tersendiri bagi beberapa orang. Bawang goreng juga dijadikan bumbu dapur instan bagi mereka yang malas mengupas bawang sebelum masak.  Selain beli bawang goreng jadi, sebenarnya kita bisa membuat bawang goreng sendiri di rumah. Jangan khawatir untuk kerenyahan bawang goreng sendiri, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuatnya makin renyah dan tahan lama. 

Berikut tips membuat bawang goreng renyah dan tahan lama.

Tips Membuat Bawang Goreng Renyah

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat bawang goreng buatan sendiri makin renyah, matang merata dan gurih. Adapun beberapa hal tersebut antara lain sebagai berikut: 

  • Pilih bawang yang segar dan berkualitas. Bawang yang masih segar akan menghasilkan bawang goreng yang lebih renyah, gurih dan berkualitas pula.
  • Iris tipis secara merata bawang yang hendak digoreng. Sebaiknya, gunakan alat iris khusus untuk mengiris bawang. Ini bisa membantumu dapatkan ukuran bawang yang sama setelah diiris.
  • Gunakan minyak baru untuk menggoreng bawang. Selain itu, wajan yang digunakan juga harus bersih dan kering. Gunakan pula panas api sedang. Dalam artian, tidak terlalu panas pun tidak terlalu dingin. 
  • Setelah bawang diiris, sebaiknya tiriskan bawang dan diamkan selama beberapa saat. Ini akan membantu kadar air dalam bawang berkurang. Kadar air dalam bawang yang telah berkurang, bisa membuat bawang goreng lebih renyah, gurih dan kriuk. 
  • Tambahkan bahan alami seperti tepung tapioka, tepung beras dan garam agar bawang lebih renyah. Kamu bisa menaburkan tepung di dalam minyak untuk menggoreng bawang. 
  • Goreng bawang hingga berwarna kuning keemasan. Saat menggoreng, usahakan untuk sesekali mengaduk bawang. Ini agar bawang goreng matang merata. 
  • Angin-anginkan dan tiriskan bawang yang telah digoreng di atas nampak berlapis kertas nasi hingga dingin. Selanjutnya simpan bawang goreng di wadah atau stoples kedap udara. 

Resep Bawang Goreng Renyah

Bahan

  • 1 kg bawang merah
  • 4 sdm tepung beras
  • ½ sdt garam

Cara Membuat

  1. Iris tipis bawang merah.
  2. Taburi bawang merah yang telah diiris dengan garam dan tepung beras. Lakukan secara merata.
  3. Pastikan tepung tidak terlalu banyak atau sedikit.
  4. Panaskan minyak dengan api sedang. Goreng bawang merah hingga berwarna kuning keemasan.
  5. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.
  6. Letakkan pada piring yang telah dialasi dengan tisu untuk menyerap minyak.
  7. Jika sudah dingin, masukkan ke toples kedap udara.
  8. Bawang merah goreng siap untuk disimpan dalam waktu yang lama. 

Itulah sekian tips mudah membuat bawang goreng renyah dan kriuk. Selain renyah, bawang goreng ini juga bisa tahan lebih lama. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading