Sukses

Food

3 Cara Membuat Cendol Dawet Tanpa Cetakan

Fimela.com, Jakarta Jika ingin minum dawet atau cendol, memang paling enak langsung beli karena lebih praktis. Tapi jika ingin membuatnya sendiri di rumah karena kebetulan tidak ada yang jual atau ingin dawet yang segar dan wangi, terkadang agak susah karen atidak punya cetakannya. Padahal tidak harus memiliki cetakan dawet untuk bisa membuatnya sendiri di rumah. Ini dia beberapa cara membuat cendol dawet tanpa cetakan yang enak.

1. Pakai saringan minyak/gorengan

Cara paling praktis mencetak dawet adalah dengan saringan minyak. Gunakan saringan yang lubangnya besar-besar agar proses mencetak cendolnya lebih cepat. Pastikan juga sudah mencuci bersih saringan minyak sehingga tidak ada aroma lain yang ikut tercampur dalam dawet yang sudah jadi. Jika tidak memiliki saringan minyak dengan lubang-lubang besar, bisa juga menggunakan saringan santan atau sarangan dandang/kukusan.

2. Pakai plastik segitiga

Cara kedua membuat dawet tanpa cetakan adalah dengan memasukkan adonan ke dalam plastik segitiga atau plastik kiloan. Selagi masih panas, masukkan ke dalam plastik lalu gunting kecil ujungnya. Semprotkan dawet ke dalam mangkuk air es batu. Lakukan dengan cepat karena adonan rentan menggumpal jika sudah dingin. Semprotkan sedikit demi sedikit jika tak ingin dawet terlalu tebal dan panjang.

3. Pakai gelas plastik

Cara berikut ini cukup kreatif, gunakan gelas plastik air mineral bekas yang bersih atau wadah mangkuk plastik apapun bekas makanan. Kemudian lubangi bagian bawahnya dengan paku atau solder. Agar tidak kesulitan melubangi dasar plasti, panaskan dulu paku di atas kompor lalu capit paku tersebut untuk melubangi perlahan. Jika menggunakan solder, lebih praktis lagi. Setelah itu cuci bersih dan bisa digunakan untuk mencetak dawet atau cendol.

Itu dia beberapa cara sederhana dan praktis membuat dawet atau cendol tanpa cetakan. Semoga bermanfaat.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading