Sukses

Food

5 Tips Menggoreng Ayam Kentucky agar Renyah Krispi Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Hampir semua orang suka makan ayam kentucky karena renyah di luar dan gurih di dalam. Seringkali orang mencoba membuat ayam goreng kentucky sendiri di rumah tapi hasilnya berbeda, tidak memuaskan seperti hasil beli di luar. Ada beberapa trik khusus sehingga ayam kentucky bisa krispi renyah dan tahan lama. Jika ingin mencoba membuat ayam kentucky ala rumah makan yang renyah krispi tahan lama, ini dia tips yang bisa dilakukan.

1. Gunakan air es

Salah satu bahan yang jarang diketahui orang agar menggoreng ayam kentucky bertekstur renyah adalah penggunaan air es. Daripada menggunakan air suhu ruangan atau bahkan panas, air es mampu memberikan hasil lebih renyah dan garing krispi pada balutan tepung luar namun tetap juicy pada daging dalamnya.

2. Tambahkan baking soda

Baking soda atau soda kue dibutuhkan untuk membuat tepung tidak keras atau alot setelah digoreng. Baking soda mampu memberikan udara di dalam tepung sehingga lebih renyah dan empuk saat digigit bahkan jika tepungnya menggumpal. Penambahan baking soda juga tidak perlu terlalu banyak, umumnya satu sendok teh pada satu kilogram daging ayam.

3. Marinasi semalam

Salah satu kekurangan yang sering dialami banyak orang saat membuat ayam kentucky adalah bumbu yang tidak meresap. Agar bumbu lebih terasa ke dalam daging, lumuri ayam dengan bumbu lalu marinasi atau diamkan selama semalam agar bumbu meresap. Setelah itu, dalam keadaan dingin, bisa segera digoreng.

4. Penepungan dilakukan saat akan digoreng

Proses melapisi tepung pada ayam kentucky sebaiknya dilakukan segera setelah ayam dikeluarkan dari kulkas dan langsung dimasukkan ke dalam minyak panas. Jangan tunggu lama, misalnya dibalut tepung terlebih dahulu kemudian baru menyalakan api untuk memanaskan minyak. Jika didiamkan terlalu lama, justru hasil tepungnya keras dan tidak krispi.

5. Goreng dalam minyak banyak

Meskipun kesannya rugi dan boros, tapi menggunakan minyak dalam jumlah banyak menjadi kunci keberhasilan ayam kentucky yang renyah dan tahan lama. Tuang minyak ke dalam wajan, lalu goreng ayam hingga tenggelam atau minyak menutupi seluruh bagian ayam. Setelah itu jangan buru-buru dibalik. Tunggu hingga benar-benar matang di satu sisi baru setelahnya dibalik.

Itu dia sekian tips menggoreng ayam kentucky agar renyah krispi tahan lama. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba tips-nya.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading