Sukses

Food

4 Tips Menyimpan Keripik agar Tetap Renyah dan Tidak Melempem

Fimela.com, Jakarta Terkadang beberapa orang suka menyimpan atau menyetok keripik sebagai camilan di rumah atau menyajikannya untuk tamu saat acara spesial seperti lebaran. Tapi jika tidak disimpan dengan tepat, keripik cenderung mudah melempem dan tidak enak lagi dimakan. Terutama jika makan keripik sambil ditinggal ngobrol. Lalu bagaimana caranya agar bisa menyimpan keripik yang tetap renyah dan tidak gampang melempem? Ini dia beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Tutup wadah begitu selesai mengambil

Cara terbaik agar menjaga keripik atau kerupuk tetap renyah adalah segera menutup rapat wadah toplesnya setelah mengambil secukupnya. Jika wadah keripik tetap dibuka meski tidak dimakan, tentu mudah membuatnya melempem. Keluar masuknya udara membawa uap air dan memberikan kelembapan pada keripik yang kering sehingga membuatnya tidak awet.

2. Jangan simpan di tempat lembap

Begitu mengemas keripik di dalam stoples, jangan letakkan di tempat lembap dan gelap. Letakkan di tempat yang kering dan sirkulasi udaranya bagus. Begitu pula agar jangan disimpan terlalu lama. Jika ingin tetap renyah dan rasa atau baunya tidak berubah, segera konsumsi keripik begitu dibeli atau dibuat. Menyimpannya terlalu lama justru bisa membuatnya tidak awet.

3. Masukkan ke freezer

Jika keripik melempem, berarti kandungan airnya banyak. Cara yang bisa dilakukan adalah mengurangi kandungan airnya dengan memasukkan ke dalam freezer. Udara di dalam freezr bukan hanya dingin tapi juga kering sehingga mudah menyerap kelembapan pada keripik. Begitu keluar dari freezer, keripik jadi renyah lagi.

4. Jemur di bawah sinar matahari

Jika kebetulan freezer sedang penuh isinya, tapi sayang jika keripik melempem dibuang, coba jemur di bawah terik matahari. Panasnya matahari akan menghilangkan kelembapan di dalam keripik sehingga membuatnya renyah kembali. Konsep yang sama jika seperti memasukkannya ke dalam freezer, hanya saja dilakukan dengan suhu panas.

Itu dia beberapa tips menyimpan keripik agar tetap renyah dan tidak gampang melempem. Semoga bermanfaat!

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading