Sukses

Food

5 Menu Sarapan untuk Hilangkan Lemak Perut, Andalan untuk Diet Praktis

Fimela.com, Jakarta Sarapan pagi adalah hal penting untuk memberi stamina tubuh agar optimal sebelum beraktivitas. Meski sedang diet, sarapan tak boleh dilewatkan. Banyak orang berpikir semakin sedikit makan akan membuat berat badan lebih mudah turun. Cara ini tidak tepat karena berisiko menyebabkan berbagai penyakit.

Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan menjaga pola makan dan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Salah satunya dengan menambahkan beberapa jenis makanan pada piring sarapan. Melansir dari Eat This, Not That ternyata beberapa makanan dipercaya ampuh menghilangkan lemak perut bila dikonsumsi saat sarapan. Apa saja makanan tersebut? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Menambahkan Protein Saat Sarapan

Penelitian mengatakan sarapan yang tinggi protein adalah cara paling ampuh untuk menghilangkan lemak perut. Konsumsilah telur sebagai menu sarapanmu. Telur akan membuat perut kenyang lebih lama dan merupakan sarapan sehat karena mengandung banyak nutrisi dan protein yang dibutuhkan tubuh. Pilihan lainnya yaitu yogurt dan granola, ubi jalar, atau smoothie. Bila dikonsumsi secara rutin saat sarapan akan efektif menghilangkan lemak perut membandel.

2. Makanan Berserat dengan Buah Segar

Buah mengandung rasa manis yang alami sehingga tak perlu menambahkan pemanis lain yang belum terjamin aman dikonsumsi saat diet. Buah juga kaya akan serat yang membuat pencernaan lancar dan mampu menghempaskan lemak perut. Jenis buah yang baik dikonsumsi untuk sarapan antara lain alpukat, pisang, buah beri, pir, atau anggur. Penelitian juga menambahkan bahwa blueberry secara khusus mampu memangkas lemak perut dan membantu berat badan turun lebih cepat.

3. Konsumsi Biji-bijian Utuh, Jangan Olahan

Biji-bijian olahan seperti roti gandum dan selai kacang adalah makanan lezat yang disukai banyak orang. Makanan ini memang aman untuk dikonsumsi saat diet, namun berisiko menyebabkan diabetes bila dikonsumsi terus-menerus. Ahli diet mengatakan lebih baik mengonsumsi biji-bijian utuh seperti granola dan lainnya. Biji-bijian utuh mampu membakar lemak sekaligus tidak berisiko diabetes. Selain itu, protein pada biji-bijian utuh membuat perut kenyang lebih lama.

4. Lengkapi dengan Chia Seed

Sarapan dengan smoothie, yogurt, atau buah potong akan lebih lengkap bila menambahkan chia seed. Kecil namun bermanfaat, biji chia bekerja sebagai pembakar lemak pada tubuh. Selain itu, kandungan omega 3 berpotensi membantu menurunkan berat badan. Tak hanya aman untuk menu diet, chia seed juga baik untuk kesehatan usus.

5. Jadikan Oatmeal Sebagai Makanan Pokok

Oatmeal dikenal sebagai sumber serat larut yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Konsumsi semangkuk oatmeal setiap sarapan akan membuat perut kenyang lebih lama dan membantu menjaga atau menurunkan berat badan. Lengkapi dengan buah beri dan konsumsi secara rutin untuk manajemen berat badan.

Menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan cara sehat dan nikmat tanpa harus menyiksa tubuh. Menambahkan menu sarapan di atas akan membantu berat badan lebih cepat turun.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading