Sukses

Food

5 Makanan yang dapat Menyebabkan Bau Mulut Tak Sedap

Fimela.com, Jakarta Bau mulut tak sedap adalah hal yang mengganggu. Selain menurunkan kepercayaan diri, bau mulut tak sedap dapat membuat orang sekitar tidak nyaman. Biasanya bau mulut disebabkan oleh makanan dengan aroma menyengat seperti bawang, petai,dan jengkol. Namun ada juga kondisi bau mulut tak sedap yang diakibatkan oleh kondisi genetik dan kesehatan tertentu.

Tak hanya makanan menyengat seperti bawang, makanan lain nyatanya juga dapat menyebabkan bau mulut tak sedap. Melansir dari Eating Well berikut jenis makanan beserta penjelasannya.

1. Buah Citrus

Banyak orang berpikir mengonsumsi buah citrus yang segar akan memberi aroma mulut segar, namun nyatanya sebaliknya. Bakteri penyebab bau mulut menyukai lingkungan yang asam, termasuk pada rasa makanan. Inilah faktor penyebab buah citrus seperti jeruk dan lemon bisa menjadi pemicu bau mulut. Untuk menghindari bau mulut tak segar, hindari terlalu sering mengonsumsi buah citrus. Bila menyukainya, maka siap siaga untuk mengonsumsi permen penyegar mulut setelah makan buah citrus.

2. Ikan Kaleng

Tidak seperti ikan segar, ikan kaleng berpotensi memberi aroma tak sedap pada mulut karena bau amis pada ikan kaleng. Setelah mengonsumsi ikan kaleng, pastikan untuk mengunyah permen karet untuk menghilangkan aroma amis yang mengganggu.

3. Keju

Sebagian besar produk susu, termasuk keju, mengandung asam amino yang bereaksi pada bakteri yang menghasilkan bau tak segar di mulut. Ketika bakteri di mulut memakan padatan susu akan menghasilkan hidrogen sulfida yang berakibat pada nafas asam. Untuk mengatasi masalah ini, gunakan obat kumur, minum air putih, atau sikat gigi sesaat setelah mengonsumsi keju atau produk susu lainnya.

4. Selai Kacang

Selai kacang adalah sumber protein nabati yang baik namun tekstur yang seperti pasta membuat air liur sulit memecah protein di mulut. Selai kacang yang kental dan lengket akan bertahan di mulut dan mengendap disela-sela gigi yang menyebabkan bau mulut tak segar. Untuk menghilangkan sisa bakteri dan selai kacang yang mengendap, segeralah sikat gigi atau berkumur.

5. Kopi

Kopi adalah minuman nikmat kesukaan banyak orang. Biasanya kopi disantap saat pagi hari untuk meningkatkan mood. Namun, konsumsi kopi di pagi hari akan mengurangi kadar air liur dan menyebabkan mulut kering. Saat mulut kering, bakteri penyebab bau busuk akan tumbuh bahkan bertahan lama. Kondisi inilah yang menyebabkan nafas tak segar. Cara mengatasinya adalah dengan menjaga hidrasi dengan banyak minum air putih. Air bertindak sebagai agen pembersih konstan dan melarutkan zat bau.

Menjaga kesehatan dan kebersihan mulut adalah cara utama untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Makanan di atas tetap dapat dikonsumsi asal diimbangi dengan makanan yang dapat meredakan bau mulut.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading