Sukses

Food

Tips Membuat Adonan Gorengan Apa Saja Jadi Lebih Kriuk dan Renyah

Fimela.com, Jakarta Bukan rahasia lagi kalau gorengan jadi salah satu kudapan favorit masyarakat Indonesia. Biarpun banyak bertebaran dijual di luar sana, tapi bikin sendiri gorengan di rumah bisa jadi opsi yang lebih baik. Selain bisa memilih sendiri bahan-bahan berkualitas buat keluarga, mengolahnya sendiri bisa lebih terjamin kehigienisannya.

Tapi, waktu lagi bikin gorengan sendiri di rumah, kok malah rasanya kurang kriuk dan renyah ya? Biar sajian ayam crispy, tempe goreng tepuk, bakwan, atau penganan lainnya tetap kriuk dan renyah tahan lama, beberapa tips berikut bisa dicoba, lho.

Pastikan Tepung yang Digunakan Sudah Tepat

Ada banyak jenis tepung yang bisa digunakan untuk membuat adonan gorengan. Umumnya yang biasa digunakan adalah tepung terigu. Tapi, menggunakan tepung terigu saja ternyata tidak menjamin hasil adonan kriuk dan renyah tahan lama.

Mencampur beberapa jenis tepung bisa bikin adonan lebih kriuk. Misalnya saja tepung maizena, tepung beras, atau tepung tapioka. Kalau mau yang lebih praktis, andalkan saja tepung bumbu yang banyak tersedia di minimarket maupun supermarket. Tepung bumbu ini tak hanya dilengkapi dengan bumbu yang menyedapkan masakan, tapi juga dibuat dari tepung pilihan untuk menghasilkan gorengan yang renyah dan tahan lama.

Tambahkan Baking Soda

Selain dengan menggunakan campuran antar tepung, ada lagi nih tips membuat gorengan lebih renyah yang bisa dicoba. Larutkan baking soda dan air es, pastikan benar-benar sudah tercampur, lalu masukkan ke dalam adonan tepung gorengan yang akan dibuat.

Kandungan baking soda bisa membantu membuat hasil gorengan lebih renyah dengan maksimal. Namun, pastikan baking soda benar-benar sudah larut dengan air dan jangan aduk terlalu lama agar hasilnya sesuai harapan.

Hindari Penggunaan Telur

Ada yang bilang nih kalau telur bisa membuat gorengan jadi lebih renyah. Well, trik tersebut nggak sepenuhnya salah. Tapi, penggunaan telur ternyata juga bisa kerenyahan adonan gorengan yang dibuat nggak bertahan lama. Jadi, jika memang ingin membuat gorengan yang disajikan bisa tetap kriuk dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya tidak perlu menggunakan telur.

Perhatikan Adonan dan Bahan yang Digunakan

Tahukah kamu kalau suhu adonan ternyata bisa mempengaruhi tingkat kerenyahannya? Yup benar banget. Pastikan adonan berada dalam suhu dingin karena bisa membuat adonan jadi lebih renyah. Caranya adalah gunakan air dengan suhu normal, dingin, atau air es untuk membuat adonan.

Selain itu, penting juga memperhatikan bahan-bahan gorengan yang akan digunakan. Pastikan bahan tersebut tidak mengandung banyak air karena bisa membuat gorengan jadi lembek. Sebelum diolah, ada baiknya bahan-bahan yang akan digunakan ditiriskan terlebih dulu untuk mengurangi kandungan kadar air di dalamnya.

Teknik Deep Frying

Last but not least, kamu bisa menggunakan teknik deep frying atau menggoreng dalam minyak banyak agar bahan makanan bisa terendam seluruhnya. Teknik yang satu ini dapat membantu tingkat kematangan lebih rata, teksturnya pun lebih kriuk dan renyah.

Jika ingin mencoba teknik ini, pastikan gunakan banyak minyak dan tunggu hingga benar-benar panas sebelum memasukkan bahan makanan yang akan digoreng. Dengan begitu, makanan yang diolah bisa matang sempurna dan memberikan sensasi kriuk yang tahan lama.

Wah, ternyata ada banyak rahasia gorengan kriuk yang bisa dipraktikkan di rumah. Buruan coba sekarang yuk, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading