Sukses

Food

Tips Memasak Daging Sapi Agar Empuk dan Tidak Bau

Fimela.com, Jakarta Menjelang Idul Adha seperti sekarang ini, kita tentunya mulai mencari–cari referensi seputar tips memasak daging. Terutama untuk tips agar daging empuk dan tidak bau. Dengan cara memasak yang tidak tepat, daging rentan alot, keras dan bau. Terlebih jika ini merupakan daging sapi. 

Biasanya sebelum daging sapi diolah menjadi berbagai masakan, daging akan direbus terlebih dulu. Tujuannya agar daging sapi memiliki tekstur yang lebih empuk. Ini juga agar daging bebas bau amis atau prengus. Lantas, seperti apa cara memasak daging sapi agar lebih empuk dan tidak bau? Yuk, simak tipsnya berikut ini dan selamat mencobanya.

Rebus Bersama Rempah Jahe

Agar daging sapi lebih empuk dan tidak bau, kamu bisa memanfaatkan rempah jaher. Rebus 1 kg daging sapi dengan 1 rimpang kecil jahe yang digeprek. Aroma wangi jahe, akan membantu daging sapi memiliki aroma wangi yang khas. 

Selain menghilangkan bau amis pada daging sapi, jahe juga bisa menghilangkan bau amis pada daging ayam, bebek dan kambing. Jika ingin memasak daging secara langsung bersama bumbu tanpa direbus dahulu, kamu bisa memasukkan jahe ke dalam daftar bumbu untuk masakan tersebut.

Manfaatkan Air Lemon

Selain bermanfaat mengatasi bau amis pada ikan, air lemon juga bermanfaat mengatasi amis atau bau prengus daging. Air sedikit air lemon, balurkan di daging yang hendak dimasak kemudian diamkan beberapa saat. Daging yang telah diberi air lemon, bisa dicuci kembali lalu direbus atau langsung dimasak sesuai selera.

Nanas

Sudah sejak lama buah nanas dimanfaatkan untuk mengempukkan daging. Parut atau iris dadu buah nanas, kemudian rebus bersama daging sapi. Selain mengempukkan daging, ini juga bantu mengatasi bau khas daging sapi yang sebagian orang tidak suka. 

Taburkan Garam

Tips agar daging sapi empuk sekaligus tak bau selanjutnya yakni taburkan garam. Garam bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bau pada daging sapi. Taburi daging sapi yang hendak diolah dengan garam sedikit saja secara merata. Selain mengatasi bau, garam bermanfaat memberi cita rasa yang lebih gurih dan enak pada daging sapi.

Buang Lemak Pada Daging

Jika kamu ingin daging sapi tidak terlalu bau, kamu bisa membuang lemak yang menempel di daging. Lemak pada daging sapi, akan membuat daging beraroma tak sedap. Ini juga membuat kadar kolesterol di dalamnya semakin tinggi. Cara terbaik untuk mengurangi bau pada daging sapi, adalah dengan membuang lemaknya. Meski begitu, cara ini rentan bikin daging sapi tak segurih dan selembut biasanya. 

Itulah sekian tips untuk mengempukkan dan menghilangkan bau pada daging sapi. Semoga tips ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading