Sukses

Food

Tips Agar Tempe Goreng Tanpa Tepung Tetap Renyah dan Garing

Fimela.com, Jakarta Tempe menjadi salah satu bahan makanan yang tak hanya dikenal lezat. Tempe adalah sumber protein nabati dengan kesehatan yang mengesankan. Rasanya yang enak, membuat hampir semua orang menyukai bahan makanan yang satu ini. Cukup dimasak dengan cara digoreng dengan bumbu sederhana, kelezatan tempe sudah mampu menghipnotis siapa saja. 

Namun, bagaimana untuk mendapatkan tempe goreng tanpa tepung yang renyah dan garing serta tahan lama? Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk bikin tempe goreng tanpa tepung yang renyah. Adapun tipsnya antara lain sebagai berikut. 

Pemilihan Tempe

Pilih tempe yang sudah benar-benar matang atau jadi sempurna. Kematangan tempe berpengaruh besar terhadap kualitas tempe goreng yang hendak kamu dapatkan. 

Iris Tempe

Untuk mengiris tempe, hindari mengiris tempe terlalu tebal atau terlalu tipis. Iris tempe kira-kira dengan ketebalan setengah senti meter. Ini bisa menghasilkan tempe goreng yang renyah, garing dan bumbu meresap dengan baik. 

Tusuk-Tusuk Tempe Kemudian Jemur

Tips selanjutnya adalah, tusuk-tusuk tempe kemjudian jemur di bawah terik sinar matahari. Jemur tempe yang telah diiris dan ditusuk-tusuk kira-kira selama 3 sampai 4 jam. Hal ini akan membuat tempe makin kering dan garing setelah digoreng nantinya. 

Marinasi dengan Bumbu

Tempe yang sudah dijemur, kemudian bisa dimarinasi bersama bumbu. Marinasi hingga bumbu benar-benar meresap.

Tambahkan Baking Powder

Sebelum tempe digoreng, kamu bisa menambahkan baking powder ke dalam campuran bumbu. Baking powder bermanfaat membuat tempe makin kering, garing dan renyah. 

Goreng Tempe Sampai Kering

Setelah tempe dimarinasi bersama bumbu, selanjutnya bisa digoreng di dalam minyak panas di atas bara api sedang. Goreng dengan minyak yang terendam atau minyak banyak. Setelah satu sisi tempe kering kecokelatan, balik tempe dan goreng lagi hingga kedua sisi kering. Angkat tempe, tiriskan dan biarkan dingin kemudian simpan di stoples kedap udara agar tahan lebih lama. 

Tips menggoreng tempe yang cukup mudah bukan? Selamat mencoba resep ini dan semoga keluarga di rumah menyukainya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading