Sukses

Food

4 Resep Olahan Daging Kurban yang Mudah dan Tidak Membosankan untuk Merayakan

Fimela.com, Jakarta Saat Idul Adha, terdapat beberapa resep andalan untuk mengolah daging kurban. Seperti diolah menjadi sate, tongseng, maupun gulai. Mana yang menjadi resep olahan daging kurban favoritmu?

Namun jika bosan dengan olahan daging kurban yang itu-itu saja, Fimela telah merangkum beberapa resep olahan daging kurban yang bisa menjadi inspirasi. Penasaran ada resep apa saja? Tak perlu khawatir karena resep yang disajikan terbilang mudah dilakukan.

 

1. Japanese Beef Curry

Olahan daging kurban yang pertama adalah Japanese Beef Curry. Daging sapi kurban yang kamu dapat bisa diolah menjadi kare daging ala Jepang. Namun, pastikan daging sapi diproses dulu yaagar empuk, karena daging kurban yang biasa didapat tidak selalu bagian yang empuk.

Proses mengempukkan daging sapi antara lain: membersihkan silver skin (bagian pelapis daging berwarna putih keabu-abuan), merebusnya dengan api kecil dalam waktu lama/dengan alat presto, atau memarinasi dengan nanas dalam waktu singkat. Jika sudah diproses empuk, berikut resep Japanese Beef Curry

Bahan:

· 1 sdm vegetable oil· ½ buah bawang bombay, iris kasar

· 1 siung bawang putih, cincang halus· 1 buah wortel ukuran kecil, potong dadu

· 200 gram daging sapi yang sudah diempukkan, iris tipis· 1 blok bumbu kari Jepang

· 1 sdm kecap asin

· 500 ml air

· Garam secukupnya

· Merica secukupnya

· Nasi putih dicampur serbuk nori secukupnya.

Cara membuat:

· Tumis bawang putih dan bawang bombay dengan api kecil hingga harum.

· Setelah harum, masukkan wortel lalu aduk rata. Tunggu hingga wortel empuk.· Jika sudah, masukkan daging, air, bumbu kari jepang, lalu didihkan hingga tekstur mengental.

· Masukkan garam, merica, dan kecap asin, aduk rata lalu koreksi rasa.

· Jika sudah pas, matikan kompor, pindahkan kari ke piring saji, dan sajikan bersama nasi putih yang dicampur serbuk nori.

 

2. Oseng-oseng Mercon Iga Sapi

Resep olahan daging sapi yang kedua ini untuk para pecinta pedas! Oseng-oseng ini dinamai mercon karena memang pedasnya yang ‘meledak-ledak’ di lidah maupun di perut. Buat kamu yang merasa kuat untuk mengonsumsi daging kurban dalam wujud hidangan ini, berikut resepnya:

Bahan:

· 500 g iga sapi

· 2 lembar daun salam· 1 ruas jari lengkuas

· 1 ruas jari jahe· 3 lembar daun jeruk

· 4 siung bawang putih· 8 butir bawang merah

· 10 buah cabai keriting merah

· 10 buah cabai rawit merah

· 1 buah gula jawa

· Kecap manis secukupnya

· Air secukupnya

· Minyak goreng secukupnya

· Merica sesuai selera

Cara membuat:

· Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai. Lalu, masak bumbu halus beserta daun salam dan daun jeruk di wajan yang sudah diberi minyak goreng. Setelah itu, masukkan lengkuas dan cabai lalu masak hingga harum.

· Selanjutnya, masukkan daging yang sudah diempukkan, tambah garam dan gula jawa. Aduk-aduk, lalu masukkan air rebusan daging. Masak dengan api kecil hingga air menyusut.

· Tambahkan kecap dan merica, lalu koreksi rasa. Jika sudah pas, angkat lalu sajikan selagi hangat bersama sepiring nasi.

 

3. Krengsengan Kambing

Olahan daging kurban yang ketiga adalah krengsengan kambing. Krengsengan adalah olahan kambing khas Jawa Timur yang khas rasanya karena menggunakan petis. Agar rasanya lezat, daging kurban kambing yang kita dapat harus kita olah dulu ya agar empuk dan tidak bau. Untuk mengempukkan daging kambing bisa dilakukan seperti mengempukkan daging sapi.

Sementara, untuk menghilangkan bau kambing adalah dengan memarinasinya dengan irisan tipis bawang bombay atau dengan cara tidak mencuci dagingnya sebelum diolah. Bagaimana cara mengolahnya?

Bahan:

· 750 gram daging kambing yang sudah diempukkan dan dihilangkan baunya, potong dadu

· 50 gram petis udang

· 4 siung bawang putih

· 8 butir bawang merah

· 7 buah cabai merah keriting

· 1 ruas jari jahe

· 3 buah cabai merah, iris serong

· 3 buah tomat, potong sesuai selera

· 3 sdm kecap manis

· 3 sdm minyak goreng

· 400 ml air

· 2 sdt garam

Cara membuat:

· Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai merah keriting, dan jahe, lalu marinasi daging kambing dengan bumbu halus ini selama 30 menit hingga meresap.

· Panaskan minyak, masukkan daging dan masak hingga daging kaku.

· Masukkan air dan proses hingga daging lebih empuk. Jika sudah empuk, masukkan petis, cabai iris, tomat, garam, dan kecap manis. Aduk rata dan koreksi rasa.

· Jika sudah pas, pindahkan dan sajikan selagi hangat.

 

4. Tengkleng Kambing

Olahan terakhir adalah tengkleng kambing. Menu khas solo ini cocok dikonsumsi saat malam hari dan kondisi dingin. Berikut resepnya.

Bahan:

· 500 gram balungan kambing

· 1 batang serai, memarkan

· 2 lembar daun salam

· 1 lembar daun jeruk

· 1 buah bunga lawang

· 1 batang kayu manis

· 3 butir kapulaga

· 3 butir cengkeh

· ½ buah gula jawa

· 3 sdm kecap manis

· 500 ml santan cair

· Garam, gula, dan kalru jamur secukupnya

· 8 siung bawang merah

· 6 siung bawang putih

· 3 butir kemiri

· 3 cm kunyit

· 2 cm jahe

Cara membuat:

· Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, dan jahe. Jika sudah, tumis bumbu halus bersama balungan kambing yang sudah diempukkan sebelumnya, serai, daun salam, daun jeruk, cengkeh, kapulaga, bunga lawang, dan kayu manis sampai wangi.

· Setelah itu, masukkan santan encer. Aduk sebentar dan tambahkan gula jawa, garam, gula, dan kaldu jamur secukupnya. Masak sesaat.

· Jika santan sudah menyusut, tambahkan kecap manis dan cabai iris. Aduk rata lalu masak sampai kuah mengental pekat. Jika sudah, angkat dan sajikan selagi hangat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading