Sukses

Food

Kenali 5 Makanan Penyebab Jerawat yang Sering Dikonsumsi

Fimela.com, Jakarta Munculnya jerawat adalah merupakan hal yang menyebalkan bagi sebagian orang. Jerawat dapat terjadi di segala usia dan ini sangat menggangu. Hal yang biasa dilakukan untuk mencegah jerawat seperti perawatan wajah serta diet sudah pasti akan dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat. 

Banyak faktor yang berkontribusi terhadap tumbuhnya jerawat seperti pori-pori yang tersumbat, hormon dan lainnya. Namun, tahukah kamu bahwa salah satu penyebab jerawat ternyata adalah pola makan? Dilansir dari healthline dan byrdie (13/7) berikut ini adalah 5 makanan penyebab jerawat. Simak penjelasannya. 

Dessert

Kamu pecinta dessert? Mungkin kamu akan berpikir dua kali sekarang sebelum memakannya. Kue-kue kering yang biasa dijadikan dessert tidak hanya rendah nilai gizi namun juga tinggi kalori. Kandungan lemak dan gula yang terdapat pada dessert menjadi salah satu alasan timbulnya jerawat. Sebaiknya kamu mulai pertimbangkan untuk mengkonsumsi makanan rendah gula seperti coklat hitam.

Makanan cepat saji

Burger, kentang goreng, pizza tentu makanan favorit semua orang. Namun makanan-makanan itu menjadi pemicu utama penyebab jerawat. Alasannya makanan-makanan ini dapat memicu perkembangan hormon yang cepat dalam tubuh dan mempengaruhi gen serta mengubah kadar hormon tubuh sehingga mendorong perkembangan jerawat yang berlebih.

Kedelai

Kedelai merupakan asupan utama protein untuk tubuh terutama untuk kamu yang seorang vegetarian. Namun mengkonsumsi kedelai dalam jumlah banyak dapat menimbukan jerawat. Kedelai dapat menurunkan kadar estrogen dan menyebabkan kelenjar minyak memproduksi sebum yang menyumbat pori-pori. Pastikan kamu mengkonsumsi kedelai dalam jumlah wajar. Sebagai alternatif kamu bisa mengganti susu kedelai dengan susu almond. 

Permen

Permen masuk ke dalam jenis makanan yang penuh dengan olahan karbohidrat dan umumnya penuh dengan gula yang dapat merusak kulit sehingga timbul jerawat. Sebagai ganti permen kamu bisa mencoba coklat hitam karena mengandung antioksidan yang kuat. 

Kopi

Kandungan kafein, gula dan karbohidrat dalam kopi dapat menyebabkan kortisol dalam tubuh meningkat drastis. Kortisol adalah hormon stress, hormon inilah yang dilepaskan tubuh saat kamu sedang stress. Meningkatnya kortisol ini menyebabkan tubuh memproduksi minyak secara berlebihan dan mengakibatkan jerawat. Sebagai alternatif kamu dapat mencoba teh hijau. Walau masih ada kandungan kafein namun lebih rendah dari kopi. 

Sahabat Fimela, demikian 5 makanan penyebab jerawat. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading