Sukses

Food

5 Makanan yang Tidak Boleh Dicuci Sebelum Diolah

Fimela.com, Jakarta Mencuci bahan makanan adalah kebiasaan banyak orang karena dipercaya bermanfaat untuk membuang kotoran dan mencegah keracunan. Hal ini baik dilakukan karena beberapa makanan yang dibeli dipasar cenderung terpapar debu dan kotoran. Bahan seperti sayur dan buah wajib dibersihkan. Namun apa sahabat Fimela tahu bahwa beberapa makanan tidak baik untuk dicuci sebelum dimasak?

Melansir dari Cookist mencuci bahan makanan di bawah ini nyatanya akan mengubah rasa bahkan menyebarkan penyakit. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Ayam dan Ikan Mentah

Sering mencuci daging ayam dan ikan sebelum diolah? Bukannya membersihkan bakteri dan kuman, tindakan ini justru membuat penyakit bersarang di dapurmu. Cipratan air saat mencuci ikan dan ayam akan menyebarkan bakteri penyebab penyakit. Apalagi bila dicuci di wastafel bersama beberapa alat makan. Cara terbaik untuk membunuh bakteri tersebut adalah dengan merebus ikan dan ayam lebih dulu sebelum diolah. Air panas akan mematikan kuman. Meski air rebusan ayam cocok untuk kaldu, jangan gunakan air rebusan pertama untuk diolah tetapi gunakanlah air rebusan selanjutnya.

2. Mencuci Daging Merah

Sama seperti mencuci ayam dan ikan, mencuci daging merah akan menyebarkan penyakit di dapur. Selain itu daging yang terkena air sebelum diolah akan menurunkan kualitas rasa. Bila daging dalam kondisi basah atau beku saat ingin dimasak, tepuk-tepuk daging dengan tisu bersih untuk menghilangkan kelembapannya.

3. Jamur

Jamur bersifat menyerap dan menyimpan air, bahkan dalam jumlah banyak. Mencuci jamur sebelum dimasak akan membuat jamur basah dan mengurangi kualitas rasa. Bila jamur tidak cukup bersih setelah dibeli, bersihkan debu dan kotoran dengan tisu kering atau kain bersih sebelum dimasak.

4. Telur

Telur memiliki lapisan pelindung yang dapat menjaganya tidak terkontaminasi bakteri. Mencuci telur setelah dibeli atau sebelum dimasak akan menghilangkan lapisan alami pada cangkang telur. Untuk membunuh bakteri pada telur, masaklah hingga kuning telur mengeras agar bakteri mati saat proses memasak.

5. Pasta

Beberapa orang kerap mencuci pasta sebelum mulai direbus. Kebiasaan ini akan menghilangkan pati pada pasta dan membuat saus lebih sulit tercampur. Pati yang hilang pada pasta setelah dicuci juga dapat menurunkan kualitas rasa. Sebenarnya pasta dalam kemasan pun sangat kecil kemungkinannya untuk terpapar bakteri. Bila takut pasta akan mengandung kotoran, proses merebus pasta sebelum mengolahnya bersama saus dapat membunuh bakteri.

Meski mencuci bahan makanan baik untuk mencegah kotoran menempel, beberapa makanan akan lebih baik bila tidak dicuci. Membersihkan bakteri dan kotoran dapat dilakukan dengan merebus atau teknik lainnya.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading