Sukses

Food

5 Makanan Enak yang Justru Bisa Memperparah Masalah Jerawat

Fimela.com, Jakarta Jerawat menjadi masalah kulit yang bikin siapa saja jengkel dan kesal. Tak hanya itu saja, dalam beberapa kasus jerawat bikin siapapun merasa stres. Padahal, stres selama kulit berjerawat akan memperparah jerawat yang ada. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan pun memperparah masalah jerawat. Tak terkecuali makaan yang dikonsumsi sehari-hari. 

Mengutip dari laman stylecraze.com, beberapa makanan yang memiliki cita rasa lezat dan begitu digemari oleh hampir semua orang, justru bisa memperparah masalah jerawat. Aneka makanan ini juga bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan lain yang mematikan seperti naiknya kolesterol, risiko jantung, diabetes hingga obesitas.

Berikut beberapa makanan enak yang justru memperparah masalah jerawat tersebut.

Gorengan

Aneka gorengan adalah makanan pertama yang bisa memperparah jerawat. Tak hanya itu saja, gorengan yang identik dengan tingginya kadar lemak di dalamnya, dipercaya bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan lain.

Makanan Berlemak

Orang-orang yang kerap mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi protein, juga erat kaitannya dengan risiko jerawat yang parah. Studi yang dipublikasikan dengan judul The epidemiology of adolescent acne in North East China yang terdapat dalam The Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology, orang dengan konsumsi lemak berlebih setiap hari, mengalami masalah jerawat serius jika dibandingkan dengan orang yang konsumsi makanan berlemak secara bijak. Adapun makanan berlemak antaranya daging, kuning telur, gorengan, susu, keju dan masih banyak lagi. 

Makanan Manis

Aneka makanan dengan cita rasa manis tentu disukai semua orang. Hanya saja, makanan manis ini memiliki dampak negatif yang cukup tinggi bagi tubuh. Salah satu dampaknya yakni penyebab jerawat. Aneka makanan manis bisa menyebabkan lonjakan kadar insulin dalam tubuh. Kondisi ini memicu produksi lemak berlebih dan menyebabkan peradangan di kulit. Akibatnya, kulit lebih mudah berjerawat pun mengalami masalah serupa.

Makanan Mengandung Gluten

Beberapa makanan dengan kandungan gluten juga bisa menyebabkan jerawat. Bagi mereka yang alergi atau sensitif terhadap gluten, bukan hanya masalah jerawat yang mengintai tapi beragam hal lainnya.

Makanan dengan Indeks Histamin Tingg

Makanan dengan indeks histamin yang tinggi seperti tomat, cokelat, makanan laut, keju dan sejenis, adalah makanan enak yang memperparah jerawat selanjutnya. Pada beberapa individu, makanan ini bisa memperparah masalah jerawat dalam waktu yang tak sebentar. 

Nah, itulah sekian makanan enak yang dipercaya bisa memicu parahnya masalah jerawat. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita makin bijak dalam memiliki makanan lezat pun sehat sehari-harinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading