Sukses

Food

4 Cara Merebus Daun Pepaya agar Tidak Pahit dengan Bahan Gampang

Fimela.com, Jakarta Daun pepaya bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh. Selain itu, daun pepaya juga mengandung ragam vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Daun pepaya pun bisa diolah jadi ragam makanan dan masakan yang enak.

Hanya saja persoalannya rasa pahit daun pepaya yang terlalu pekat membuat banyak orang kurang suka mengonsumsinya. Maka dari itu, sebelum diolah daun pepaya perlu direbus dengan cara khusus untuk menghilangkan atau mengurangi rasa pahitnya. Berikut ini empat tips sederhana yang bisa dicoba dalam proses perebusan daun pepaya. Selengkapnya simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Pakai Daun Jambu Air

 

Siapkan 15 lembar daun jambu air untuk merebus 400 gram daun pepaya. Daun pepaya yang sudah dicuci dan dipotong-potong bisa langsung direbus bersamaan dengan daun jambu biji. Rebus sampai air mendidih sambil sesekali diaduk. Setelah itu, tiriskan dan buang daun jambu bijinya. Cuci kembali daun pepaya yang sudah direbus dengan air mengalir dan diperas beberapa kali sampai rasa pahitnya hilang. Bisa juga diremas-remas dengan garam lalu dicuci dan diperas beberapa kali hingga rasa pahit daun pepaya hilang.

 

 

2. Pakai Asam Jawa dan Garam

Siapkan daun pepaya yang sudah dicuci bersih dan dipotong. Didihkan air. Masukkan asam jawa dan garam serta daun pepaya. Rebus selama sekitar 5 menit. Setelah itu, angkat daun pepaya dan tiriskan. Setelah direbus, daun pepaya bisa dimasukkan dalam baskom berisi air es agar warna hijaunya tetap tampak segar.

 

 

3. Pakai Daun Singkong dan Garam

Daun singkong juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa pahit daun pepaya. Rebus daun pepaya dengan daun singkong dan garam selama sekitar tiga menit. Setelah itu daun pepaya dan daun singkong bisa diperas hingga tidak ada air. Daun pepaya bisa diolah bersamaan dengan daun singkong. Kalau tidak, tinggal pisahkan saja daun singkong dari proses perebusan.

 

 

4. Pakai Soda Kue dan Tanah Lempung

Soda kue atau baking soda bisa digunakan untuk merebus daun pepaya agar warnanya tetap hijau segar. Siapkan juga tanah lempung. Larutkan tanah lempung ke air, kemudian saring. Rebus air lempung dengan soda kue sampai mendidih. Kemudian masukkan daun pepaya dan rebus sampai empuk. Setelah itu, tiriskan daun pepaya dan bilas dengan air bersih mengalir.

Itu tadi empat tips dan cara merebus daun pepaya yang bisa dicoba. Semoga tipsnya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading