Sukses

Food

Tips Membuat dan Menyimpan Cabai Kering Agar Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Harga cabai akhir-akhir ini terus mengalami peningkatan. Dan peningkatan hargapun disinyalir bisa semakin meningkat atau naik ke depannya. Untuk Sahabat Fimela yang suka dengan masakan pedas dan ingin stok cabai yang cukup melimpah di rumah, kini bisa mulai membuat cabai kering. Dibanding cabai segar, cabai kering akan tahan lebih lama. 

Cabai kering tak hanya bisa digunakan untuk bumbu masakan. Tapi juga bisa digunakan sebagai pelengkap masakan agar cita rasanya makin nendang dan mengesankan. Untuk membuat cabai kering sendiri di rumah, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan. Tips ini juga bisa dicoba di rumah. Berikut tipsnya.

Pemilihan Cabai

Untuk cabai yang hendak dikeringkan, sebaiknya pilih cabai yang berkualitas baik. Pisah cabai yang sudah merah, masih oranye atau masih putih atau hijau segar. Cabai kering akan lebih baik terbuat dari cabai yang sudah merah. Usahakan untuk membuang cabai yang hampir busuk atau kualitasnya buruk. 

Pisahkan Buah Cabai dan Tangkainya

Cabai yang hendak dikeringkan, usahakan untuk dipisahkan antara buah dan tangkainya. Hal ini agar cabai lebih cepat kering saat dijemur di bawah sinar matahari.

Cuci Cabai, Kukus

Usahakan untuk mencuci bersih cabai yang hendak dikeringkan. Setelah itu, tiriskan sebentar dan kukus cabai. Mengukus cabai bertujuan agar cabai matang dan lebih awet jika disimpan nantinya.

Keringkan Cabai di Bawah Sinar Matahari

Untuk cabai yang sudah dikukus, keringkan cabai di bawah sinar matahari. Ini memang butuh waktu yang lebih lama, tapi cabai yang dikeringkan di bawah sinar matahari akan menghilangkan kadar air di dalam cabai hingga maksimal. Cabai yang benar-benar kering, hanya akan mengandung 8 persen kadar air di dalamnya. Cabai ini bisa bertahan hingga berbulan-bulan saat disimpan.

Simpan di Kulkas Agar Makin Tahan Lama

Jika menginginkan cabai kering bertahan hingga lebih lama, kamu bisa menyimpan cabai di kulkas. Sebelum menyimpannya, tempatkan cabai kering di wadah kering yang kedap udara. Di dalam kulkas, cabai kering bahkan bisa bertahan hingga setahun dan kualitasnya tetap baik. 

Itulah sekian cara membuat dan menyimpan cabai kering. Untukmu yang malas mengukus cabai, kamu bisa langsung menjemur cabai setelah dicuci bersih dan dipisahkan dari tangkainya. Semoga tips ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading