Sukses

Food

4 Cara Membuat Bubur Nasi Polos yang Gurih dan Tidak Eneg

Fimela.com, Jakarta Ingin menikmati sarapan pakai bubur nasi yang enak? Bisa coba buat sendiri di rumah. Berikut ini ada tips dan cara membuat bubur nasi polos yang bisa langsung dicoba di rumah.

Bubur polos ini bisa dinikmati langsung, bisa juga ditambah bahan lauk dan taburan lain sesuai selera. Selengkapnya, langsung saja coba ikuti cara-cara praktisnya berikut ini.

 

 

1. Pakai Daun Salam

Siapkan 100 gram beras, 500 ml air, 1 lembar daun salam, dan 1 sdt kaldu ayam. Campur semua bahan. Masak hingga nasi menjadi bubur sambil sesekali diaduk. Biasanya butuh waktu sekitar 45 menit hingga tekstur berubah jadi lebih lembut. Kalau punya rice cooker yang memiliki fungsi untuk membuat congee/porridge, bisa juga langsung masukkan semua bahan ke dalamnya, dan pencet tombol untuk membuat bubur tersebut.

 

 

2. Pakai Daun Salam dan Minyak Wijen

Siapkan 100 gram beras, 500 ml air, 2 lembar daun salam, 1/2 sdt kaldu bubuk, dan 1/4 sdt minyak wijen. Caranya tinggal masukkan semua bahan di panci. Masak dengan api sedang sambil sesekali diaduk hingga teksturnya menjadi bubur. Penambahan minyak wijen bisa membaut bubur punya aroma yang lebih harum dan menggugah selera.

 

 

3. Pakai Daun Salam dan Santan

Siapkan 1 mangkok nasi, 3 sdm santan instan, 1 lembar daun salam, 5 cup air, dan garam secukupnya. Campur nasi, air, daun salam, dan garam di panci. Masak dengan api sedang sambil sesekali diaduk hingga tekstur nasi menjadi lembut dan berubah menjadi bubur. Lalu masukkan santan. Aduk rata dan masak hingga airnya menyusut. Bubur polos siap disajikan.

 

4. Pakai Jahe, Serai, dan Kaldu Ayam

Siapkan 120 gram beras putih, 1 liter air kaldu ayam, 1 ruas jahe, 1 batang serai, garam, dan daun bawang secukupnya. Rebus air kaldu dengan jahe, serai, dan garam hingga mendidih. Masukkan beras. Masak 10 menit. Lalu aduk, dan koreksi rasa. Masak dengan api kecil sambil seskali diaduk hingga teksturnya lembut dan menjadi bubur.

Itu tadi cara membuat bubur polos yang bisa langsung dicoba di rumah. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading