Sukses

Food

8 Makanan Enak yang Bermanfaat Meringankan Kecemasan dan Stres

Fimela.com, Jakarta Rasa cemas adalah pengalaman umum yang bisa dialami siapa saja. Selain teknik relaksasi dan dukungan sosial, konsumsi makanan tertentu rupanya bisa membantu meredakan perasaan kecemasan. Apa yang kamu konsumsi, ini tak hanya berpengaruh pada kesehatan fisikmu saja Sahabat Fimela. Tapi ini juga berpengaruh besar terhadap kesehatan psikis dan kebahagiaanmu. 

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa bantu meringankan kecemasan bahkan stres. Selain enak, aneka makanan ini juga kaya akan nutrisi terbaik di dalamnya. 

 

1. Almond

Kacang almond adalah makanan pertama yang dipercaya ampuh meringankan kecemasan. Makanan ini kaya akan magnesium dan mineral yang membantu mengatur mood serta mengurangi gejala kecemasan. Kamu bisa mengonsumsi kacang almond sebagai camilan atau toping dari kue dan smootie untuk dapatkan khasiat mengesankannya.

2. Blueberry

Blueberry mengandung antioksidan seperti vitamin C dan flavonoid yang bisa membantu melindungi otak dari stres oksidatif dan meningkatkan suasana hati. Blueberry ataupun olahannya, sangat dipercaya bisa bantu meringankan kecemasan bahkan stres. Mengutip dari laman healthline.com, blueberry bahkan disinyalir sebagai salah satu makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti kanker.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah makanan terbaik dengan segudang manfaat di dalamnya. Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang bisa meringankan peradangan dalam tubuh, yang bisa berhubungan dengan risiko depresi dan kecemasan. Ini juga bisa sangat baik untuk kesehatan otak baik bagi anak-anak hingga orang tua.

4. Oatmeal

Oatmeal kaya akan serat kompleks yang membantu menjaga gula darah tetap stabil. Ini juga mencegah fluktuasi tajam yang dapat memicu gejala kecemasan. Menariknya lagi, oatmeal adalah makanan yang kaya nutrisi sekaligus bisa mencegah kolesterol tinggi.

5. Sayur Bayam

Bayam mengandung magnesium, zat besi, dan folat yang berperan penting dalam produksi serotonin, neurotransmiter yang memengaruhi mood dan emosi. Konsumsi sayur bayam bisa mencegah kecemasan, meningkatkan daya tahan serta membuat pikiran lebih rileks. Ada beragam olahan lezat yang bisa dibuat dengan bahan utama sayur bayam.

6. Dark Chocolate

Dark chocolate memiliki kandungan flavonoid dan theobromine yang bisa merangsang pelepasan endorfin, senyawa yang memberikan perasaan bahagia. Ini dikatakan mampu meringankan risiko kecemasan dan stres. Namun ingat, konsumsi dark chocolate tetap harus ada batasnya. Ini juga tak boleh dikonsumsi dengan tambahan gula atau pemanis buatan berlebih di dalamnya. 

7. Greek Yogurt

Greek yogurt mengandung probiotik yang bisa mempengaruhi kesehatan usus dan berdampak positif pada mood dan kesejahteraan mental. Tak hanya itu saja, makanan satu ini juga bermanfaat menutrisi tubuh secara maksimal setiap harinya, melancarkan program diet hingga bantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

8. Teh Hijau

Teh hijau mengandung L-theanine atau asam amino yang bisa membantu merilekskan pikiran tanpa menyebabkan kantuk. Minum secangkir teh hijau hangat, bisa membantu pikiran lebih rileks, bahagia dan nyaman. 

Nah, itulah sekian makanan yang dipercaya bisa meringankan risiko kecemasan atau stres. Namun perlu diingat, makanan bukan satu-satunya hal yang bisa meringankan kecemasan. Cemas tidaknya perasaanmu, itu tergantung pada pola pikirmu. Jangan segan untuk berkonsultasi dengan ahlinya jika memiliki masalah kecemasan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading