Sukses

Food

Suka Bingung Mau Makan Apa? 7 Bahan Makanan Ini Wajib Dimiliki oleh Anak Kos

Fimela.com, Jakarta Saat menjadi anak rantau dan hidup jauh dari orang tua, sering kali pertanyaan "makan apa hari ini?" menjadi pertanyaan wajib yang akan dipikirkan setiap harinya. Perencanaan keuangan, kebutuhan sehari-hari, dan makanan adalah ketiga aspek yang perlu dipikirkan secara matang-matang. Saat berada di perantauan, sebagian anak kos akan memilih untuk membeli stok makanan supaya menghemat pengeluaran. 

Bahan makanan yang harus dimiliki oleh anak kos harus terjaga ketahanannya dalam rentang waktu yang lama. Walaupun begitu, bahan makanan tersebut juga harus mengandung nutrisi yang bergizi. Ditambah lagi, beberapa anak kos akan memilih makanan yang praktis untuk dimasak sendiri. 

Bahan makanan seperti ayam dan mie instan seakan-akan telah menjadi makanan yang tidak dapat dipisahkan dengan anak kos. Namun, bahan makanan berikut bisa dijadikan sebagai alternatif jika kamu ingin membuat stok selama sedang ngeko. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ulasannya.  : 

1. Oat

Oat atau gandum bisa menjadi pilihan makanan yang serbaguna dan juga sehat. Apalagi, makanan ini tahan lama, menyehatkan, dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Jika Sahabat Fimela tidak menyukai rasanya yang cukup tawar, maka kamu bisa mencampurkannya dengan buah-buahan atau bahan makanan lainnya untuk penambah rasa. Biasanya oat akan memiliki tanggal kadaluwarsa yang cukup lama. Selain lemari pendingin, oat bisa disimpan dalam tempat yang sejuk dan kering agar tahan lama. 

Menurut situs healthline, oat mengandung vitamin B, magnesium, dan seng yang tinggi. Selain itu, terdapat jenis serat yang disebut betaglukan. Serat ini bisa membantu menurunkan kolesterol, mengurangi kadar gula darah, dan meningkatkan rasa kenyang. 

 

2. Pasta Kering

Seperti oat, produk pasta bisa bertahan lama apabila disimpan pada wadah yang sejuk dan kering. Berbagai jenis pasta instan pun dapat dengan mudah ditemukan di supermarket. Cara memasaknya pun cukup mudah karena hanya direbus saja. Apalagi, bahan makanan yang satu ini juga dapat diolah dengan bermacam-macam bahan lainnya untuk menambah kelezatan dan variasi rasa. 

3. Telur

Salah satu bahan yang harus dimiliki sebagai stok makanan anak kost adalah telur. Bahan ini dapat dengan mudah diolah menjadi ragam masakan praktis sebagai pendamping nasi. Dilansir dari healthline, telur bisa tahan selama 3-5 minggu di dalam lemari pendingin. Selain itu, telur juga dapat disimpan dalam karton aslinya dan diletakkan dalam lemari yang memiliki suhu ruang. 

4. Sayur dan Buah-Buahan

Dikutip dari situs farmersalmanac, terdapat beberapa sayur dan buah-buahan yang bisa kamu jadikan sebagai stok makanan karena cukup tahan lama, walaupun tidak dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Diantaranya yaitu apel, pear, jeruk, pisang, dan alpukat. Kemudian, untuk jenis sayuran yang awet, kamu bisa menggunakan bahan seperti kentang, bawang merah, bawang putih, wortel, dan tomat. 

Jika ingin berhemat, ada baiknya untuk tetap perhatkan gizi dan nutrisi yang kamu makan,ya! Kamu tetap harus mengonsumsi buah dan sayuran agar tubuh tetap fit. Selalu utamakan kesehatanmu, terlebih lagi ketika harus hidup mandiri di perantauan.  

5. Makanan Kaleng

Makanan kaleng seperti kornet dan sarden sudah tidak diragukan lagi karena praktis dan mudah untuk dibuat. Kedua makanan tersebut juga memiliki tanggal kadaluwarsa yang cukup lama. Mengonsumsi sarden juga dapat memberikan nutrisi seperti omega-3 yang punya banyak manfaat untuk tubuh. Untuk makanan seperti kornet, kamu bisa memasaknya untuk dijadikan berbagai olahan, seperti nasi goreng kornet, telur dadar daging kornet, perkedel kornet, dan masih banyak lagi. 

6. Roti Tawar

Roti tawar juga bisa menjadi preferensi untuk anak kos karena simpel dan bisa dibuat menjadi apa pun. Memang tanggal kedaluwarsa dari roti tawar ini tidak lama, tetapi bahan ini bisa dimanfaatkan dengan baik menjadi kreasi makanan lainnya. Jika kamu bosan dengan perpaduan roti dan selai, kamu bisa membuat roti tawar gulung, roti tawar goreng, roti lapis telur, dan lain-lain. 

7. Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe sudah menjadi makanan yang banyak disukai oleh tiap orang. Apalagi, bahan ini dapat dengan mudah ditemukan. Berbagai cara bisa dilakukan untuk memasak dua bahan ini, mulai dari digoreng, ditumis, hingga dikukus. Cara yang paling mudah adalah menggorengnya dan menjadi pelengkap untuk makan nasi. Namun, untuk menyimpan kedua bahan ini kamu memerlukan kulkas supaya lebih awet. Perhatikan untuk memasukkannya ke dalam wadah yang telah tertutup rapat sebelum memasukkannya dalam kulkas. 

Itu dia bahan makanan yang bisa dijadikan sebagai stok makanan untuk anak kos. Selain mudah untuk ditemukan, makanan tersebut juga bisa kamu olah sesuai dengan kebutuhanmu. Hemat boleh, tapi jangan lupa untuk selalu penuhi nutrisi dan jaga kesehatanmu, ya

 

Penulis : Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading