Sukses

Food

Lezat dan Menyegarkan, 4 Buah yang Dapat Menurunkan Kolestrol

Fimela.com, Jakarta Kolestrol adalah lemak yang diproduksi oleh tubuh dan juga berasal dari produk makanan hewani. Dimana kandungan kolestrol juga yang membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D. Akan tetapi, tidak semua kolestrol itu baik untuk tubuh manusia.

Kolestrol di bagi menjadi dua, yang baik untuk tubuh dikenal dengan nama High Density Lipoprotein (HDL) dan kolestrol buruk di sebut dengan Low Density Lipoprotein (LDL). HDL sendiri berfungsi untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah akibat lemak. Sedangkan LDL merupakan pemicu utama pembentuka  ateroma (hal yang memicu penyakit jantung). 

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari kolestrol jahat sebenarnya ada banyak caranya. Salah satunya adalah dengan menjaga pola makan kita sendiri. Mulai dari mengurangi konsumsi akohol dan makanan berminyak. Intinya penuhi saja pemenuhan nutrisi pada tubuh kamu, salah satunya bisa berasal dari buah-buahan. 

Namun, apakah kamu tahu kalau tidak semua buah itu bagus untuk penderita kolestrol? Beberapa buah memiliki kandungan gula dan karbohidrat tinggi dimana dapat meningkatkan kolestrol LDL. Berdasarkan penelitian yang berjudul British Jurnal of Nutrion mengatakan bahwa mengkonsumsi buah kering (plum, kurma, dan kismis) dapat meningkatkan kolestrol pada tubuh, terutama jika dikonsumsi secara berlebih.

Tidak perlu khwatir berikut adalah 4 buah-buahan yang sudah terbukti aman untuk dikonsumsi menurut Eatthis.com.

Segar dan Dapat merendahkan Kolestrol.

Jeruk

Bukan hanya enak, jeruk juga kaya akan vitamin C dan bagus untuk menjaga, serta meningkatkan imun tubuh manusia. Ternyata bukan hanya itu, jeruk juga terbukti dapat menurunkan kadar kolestrol yang ada pada tubuh manusia.

“Jeruk adalah makanan yang enak untuk dikonsumsi dan jeruk juga memiliki nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung, serta jeruk tidak memiliki gulah buatan,” ujar anggota dewan medis Lauren Manaker, MS, RDN.

Berdasarkan studi yang diungah oleh Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov tentang konsumsi jus jeruk murni mengungkapkan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi jus jeruk murni terbukti mengalami penurunan dalam kadar kolestrol LDL. 

Semangka

Nikmat di konsumsi saat cuaca yang panas, para ahli menyatakan bahwa semangka terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolestrol. 

Semagka mengandung likopen alami, kandungan yang terbukti dapat menangkal radikal bebas, sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolestrol jahan (LDL). Bukan hanya dapat menurunkan kolestrol, mengkonsumsi jus semangka juga dapat memenuhi kebutuhan likopen tubuh.

 

 

Semanis Gula, Tapi Jauh Lebih Sehat dari Gula

Apel

Mengkonsumsi satu buah apel dalam sehari dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan bisa menjauhkan kamu dari kunjungan dokter. Menambahkan, apel juga dapat memberikan tubuh banyak nutrisi yang kemudian akan sangan bermanfaat untuk tubuh.

Dikutip dari Morgan Clair, MS, RDN, apel memiliki kandungan pektin yang sanggat tinggi. Kandungan ini dapat menjadi serat dimana akan membantu meningkatkan kolestrol baik (HDL) yang kemudian akan turun dan dicerna, kemudian kolestrol HDL akan diangkat dan letakan di hati.

Buah Beri

Buah terakhir adalah buah beri. Buah beri memiliki kandungan yang baik untuk menurunkan kolestrol karena memiliki serat dan antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi kolestrol.

“Buah beri mengandung banyak antioksidan,” ujar Clair. 

Antioksidan ini akan bekerja untuk menangkap kolestrol jahat (LDL) agar tidak dapat menyebar kesegala tuhuh dan antioksidan ini akan melindungi tibuh dari efek yang berbahaya. 

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading