Sukses

Health

5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami dan Efektif

Fimela.com, Jakarta Kolesterol adalah senyawa lemak yang ditemukan dalam sel-sel tubuh dan berbagai jenis makanan. Sebenarnya kolesterol memiliki peran penting dalam fungsi tubuh. Karena kolesterol digunakan untuk membentuk membran sel, menghasilkan hormon tertentu, dan membantu dalam proses pencernaan. Namun, jika kadar kolesterol dalam darah melebihi batas normal, maka meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.

Jenis kolesterol adalah kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein), kolesterol HDL (High-Density Lipoprotein), dan trigliserida. Kolesterol LDL sering disebut sebagai kolesterol jahat, yang dapat menumpuk di dinding arteri dan membentuk plak. Sedangkan kolesterol HDL atau kolesterol baik, membantu mengangkut kolesterol dari arteri kembali ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh. Cek kadar kolesterol dalam tubuh perlu dilakukan secara berkala, untuk mencegah penyakit jantung.

Cara menjaga kadar kolesterol sangat penting untuk dilakukan. Sahabat Fimela dapat mengubah pola hidup menjadi lebih baik lagi. Berikut cara mengatasi kolesterol tinggi di dalam tubuh:

Cara Menurunkan Kolesterol

1. Pola Makan Sehat

Cara yang pertama adalag dengan mengatur pola makan. Konsumsilah makanan yang kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan. Serat larut dalam makanan membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan ke dalam tubuh, sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat).

2. Konsumsi Lemak Sehat

Pilihlah jenis lemak yang sehat, seperti lemak tak jenuh yang ditemukan dalam minyak zaitun, alpukat, ikan, dan kacang-kacangan. Lemak tak jenuh dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kadar kolesterol LDL. Ikan salmon dapat dijadikan pilihan ikan yang menyehatkan.

3. Kurangi Konsumsi Lemak Jenuh dan Trans

Hindari atau kurangi konsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh dan trans, seperti makanan olahan, makanan cepat saji, margarin, dan makanan yang digoreng. Lemak jenuh dan trans dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dan merusak kesehatan jantung. Selain itu, lemak jenuh juga dapat mengakibatkan stroke.

Cara Menurunkan Kolesterol

4. Rutin Berolahraga

Olahraga secara teratur memiliki dampak positif bagi tubuh. Berolahraga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dan membantu menurunkan kadar kolesterol LDL serta trigliserida. Usahakan untuk berolahraga setiap hari dengan intensitas sedang, seperti berenang, senam, yoga dan lari.

5. Kurangi Konsumsi Gula Tambahan

Gula tambahan dalam makanan dan minuman dapat menyebabkan peningkatan kadar trigliserida dan penurunan kadar kolesterol HDL. Batasi konsumsi gula tambahan dan pilihlah sumber karbohidrat kompleks. Gula dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri dan mengakibatkan diabetes.

Lakukan pola hidup sehat untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading