Sukses

Food

10 Buah Enak Bantu Turunkan Kolesterol Tinggi dan Asam Urat

Fimela.com, Jakarta Buat kamu yang tak suka dengan buah, cobalah untuk lebih menyukainya mulai saat ini. Aneka buah yang kita temukan di sekitar kita, tak hanya memiliki cita rasa yang lezat saja, buah tersebut juga kaya nutrisi dan menjaga kesehatan senantiasa stabil. Mengutip dari laman heart.org, beberapa buah bermanfaat menurunkan kolesterol dan asam urat tinggi dalam tubuh. 

Berikut adalah beberapa buah-buahan sehat yang bisa membantu menurunkan kolesterol dan asam urat. Namun perlu diingat, bahwa makanan hanya sebagian kecil dari solusi untuk masalah kolesterol dan asam urat. Perubahan gaya hidup secara keseluruhan, termasuk diet seimbang dan olahraga teratur, sangat penting untuk tetap dilakukan. Yuk, simak aneka buah penurun kolesterol berikut ini.

Jeruk

Buah pertama untuk menurunkan kolesterol dan asam urat ada buah jeruk. Buah ini kaya akan serat pektin yang bisa membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Ini juga mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan jantung, kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan. 

Apel

Apel juga merupakan buah mengandung pektin dan serat larut air lainnya yang membantu mengurangi kolesterol. Serat ini bisa membantu mengatur kadar gula darah pun menstabilkan asam urat dalam tubuh. Selama ini, apel sebagai salah satu buah terbaik yang kerap digunakan dalam kelancaran program diet sehat.

Alpukat

Buah alpukat mengandung lemak sehat (monounsaturated fat) yang bisa membantu menurunkan kolesterol LDL. buah ini juga mengandung serat dan berbagai nutrisi penting. Aloukat merupakan buah yang tinggi asam folat sehingga sangat direkomendasikan dikonsumsi ibu hamil, balita pun anak-anak demi memaksimalkan tumbuh kembang otak anak. 

Pisang

Pisang adalah sumber yang baik dari kalium. Buah ini dipercaya mampu membantu mengendalikan tekanan darah. Tingginya serat dalam pisang juga bermanfaat untuk mengatur kadar kolesterol. Konsumsi buah pisang secara rutin, bahkan dipercaya bisa menstabilkan asam urat dalam tubuh. Ini juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Stroberi

Stroberi mengandung antioksidan yang disebut anthocyanin. Kandungan ini bisa membantu mengurangi peradangan dan meredakan gejala asam urat. Beberapa studi juga menyebutkan jika stroberi sebagai salah satu buah terbaik untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. 

Anggur Merah

Anggur merah mengandung resveratrol, sejenis senyawa yang bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dan melindungi kesehatan jantung. Buah ini kaya akan nutrisi penting bagi tubuh. Ini juga mengandung gula alami yang lebih sehat dan mampu sebagai sumber energi terbaik tubuh. 

Blueberry

Blueberry juga kaya akan antioksidan, termasuk anthocyanin yang bisa membantu mengurangi peradangan dan gejala asam urat. Konsumsi blueberry secara rutin, dikatakan mampu bantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Delima

Delima mengandung polifenol kuat yang dikenal sebagai punicalagin. Ini telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Buah delima bisa dikonsumsi secara langsung atau bisa juga dibuat sebagai jus buah.

Kiwi

Kiwi adalah sumber vitamin C yang baik dan mengandung serat tinggi yang bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dan mendukung kesehatan pencernaan. Mengutip dari laman mayoclinic.com, kiwi adalah salah satu super food yang kaya manfaat buat kesehatan. Ini mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

Pir

Pir mengandung serat larut air yang membantu mengatur kadar kolesterol dan menjaga pencernaan tetap sehat. Pir juga termasuk salah satu buah yang ramah untuk siapapun. Ini bisa dikonsumsi secara rutin setiap hari. 

Itulah sekian buah enak yang dipercaya bisa bantu menurunkan kolesterol tinggi dan asam urat. Namun, selalu bijaksana untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum membuat perubahan signifikan dalam dietmu. Terutama jika kamu memiliki masalah kolesterol atau asam urat yang serius. Konsumsi buah saja tidak cukup membantu menstabilkan apalagi menurunkan kolesterol tinggi. Ini penting didukung pola hidup yang lebih sehat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading