Sukses

Food

7 Tips Menyimpan Meal Prep agar Tahan Lama di Dalam Kulkas

Fimela.com, Jakarta Menyiapkan makanan atau yang lebih kita kenal dengan istilah meal prep adalah konsep perencanaan makanan dan menyiapkan makanan di awal untuk menghemat waktu. Dengan melakukan meal prep, kita jadi lebih bisa mengatur bahan-bahan makanan dengan porsi yang pas sehingga bahan-bahan makanan tersebut tidak tersisa dan terbuang sia-sia.

Konsep meal prep ini juga lebih memudahkan kita saat memasak karena kita hanya tinggal memasak, tidak perlu menyiapkan bahan-bahannya lagi. Maka dari itu, meal preap sangat membantu bagi orang-orang yang sibuk dan hanya punya waktu singkat untuk memasak. Melakukan meal prep juga dapat membantu kita untuk mengatur banyaknya porsi dan asupan gizi dalam makanan yang akan kita santap.

Namun, pernahkah Sahabat Fimela sudah menyiapkan meal prep, tetapi malah bahan-bahan makanannya menjadi busuk dan tidak layak makan? Hal ini tentu saja sangat mengecewakan, ya. Kita sudah meluangkan waktu untuk melakukan meal prep, tetapi malah bahan makanannya tidak bisa kita masak dan akhirnya terbuang sia-sia, deh.

Nah, untuk menghindari hal itu terjadi, perlu dilakukan beberapa cara agar bahan makan yang sudah kita siapkan tahan lebih lama. Dilansir dari Fridgeprep.com, berikut adalah tips untuk menyimpan meal prep supaya lebih tahan lama. Simak informasinya, yuk!

1. Biarkan makanan mendingin tanpa penutup

Biarkan makanan mendingin sebentar sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Ini adalah salah satu trik terbaik su[aya makanan tetap segar saat di dalam kulkas. Jika makanan langsung dimasukkan ke kulkas tanpa didinginkan terlebih dahulu, uap air dari panas makanan akan muncul di dalam wadahnya. Akhirnya, makanan akan menjadi lembek. Maka dari itu, biarkan makanan mendingin sekitar 30 menit setelah dimasukkan ke dalam wadah, setelah itu baru tutup wadahnya dan masukkan makanan ke dalam kulkas.

2. Menambahkan topping di saat makanan akan dimakan

Bagi yang suka makan dengan berbagai macam topping, pastikan untuk tidak menambahkan topping saat melakukan meal prep, ya. Misalnya, topping buah-buahan. Buah-buahan yang lama dibiarkan akan menjadi tidak segar, sehingga kuran enak saat dimakan.

3. Pilih bahan yang awet di kulkas

Bahan makanan yang tahan lama di kulkas itu sangat penting saat menyiapkan meal prep. Kita tidak ingin meal prep yang sudah susah payah kita siapkan malah cepat busuk? Maka dari itu, pandai-pandailah memilih bahan makanan yang sekiranya akan awet saat ditaruh di dalam kulkas. Misalnya, tomat ceri diganti dengan tomat potong, atau selada diganti dengan bayam dan kale.

4. Simpan makanan dalam wadah kedap udara

Cara paling baik untuk menjaga makanan tetap fresh saat di dalam kulkas adalah dengan menyimpannya pada wadah kedap udara. Menyimpan makanan dalam wadah kedap udara dapat mencegahnya terkontaminasi bakter, mempertahankan kelembapan makanan, dan mencegah makanan tercampur bau-bau makanan lain yang ada di dalam kulkas.

5. Periksa suhu kulkas

Penting untuk memastikan suhu kulkas di bawah 4 derajat Celcius. Bakteri dapat berkembang pesat di suhu 4 hingga 60 derajat Celcius, yang mana bisa menyebabkan makanan jadi cepat basi dan tidak aman untuk dikonsumsi. Dengan menjaga suhu kulkas yang tepat, kita akan membuat pertumbuhan bakteri melambat, sehingga makanan akan tetap segar dan aman untuk dikonsumsi.

6. Hindari mengisi kulkas terlalu penuh

Jangan terlalu penuh mengisi kulkas hingga tidak ada ruang untuk udara bersirkulasi dengan baik. Jika mengisi kulkas dengan penuh, suhu di dalam kulkas bisa menjadi kurang stabil, yang mana dapat memengaruhi makanan di dalamnya. Sama halnya seperti menjaga suhu yang tepat, menghindari mengisi kulkas terlalu penuh juga akan membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan membuat makanan tahan lebih lama.

7. Segera konsumsi makanan yang sudah disiapkan dalam 4 hari

Segeralah mengonsumsi makanan yang sudah disiapkan dalam kurun waktu empat hari. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, makanan yang sudah disiapkan di dalam kulkas aman dikonsumsi selama maksimal empat hari. Meskipun beberapa bahan bisa tahan lebih lama, untuk main aman, sebaiknya kita tidak mengonsumsi makanan yang sudah lebih dari empat hari di dalam kulkas.

Maka dari itu, ketika menyiapkan meal prep, buatlah resep yang dirancang untuk empat porsi. Bila perlu berikan vatatan keci di wadah atau pomsel dengan tanggal meal prep disiapkan dan tanggal makanan akan dimasak. Jadi tidak perlu bingung lagi untuk mengetahui lamanya penyimpanan makanan di dalam kulkas.

 

Penulis: Denisa Aulia.

#BreakingBoundariesOktober

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading