Sukses

Food

4 Buah-Buahan yang Terbukti Dapat Meningkatkan IQ dan Kesehatan Otak

Fimela.com, Jakarta Otak merupakan salah satu komponen yang ada di tubuh kita yang dapat memberikan banyak sekali manfaat untuk kinerja tubuh. Maka dari itu, penting untuk disadari kalau menjaga kesehatan otak sendiri merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan otak merupakan bagian tubuh yang memiliki kegunaan untuk mengkoordinasikan gerakan tubuh, mulai dari cara kita bergerak, merasakan dan juga pemikiran. Dimana jika kita dapat memperhatikan otak kita dengan baik, berarti otak kita semakin hari akan berkembang menjadi yang lebih baik, seperti makin cerdas dan meningkatkan IQ. 

Enak dan bergizi, buah-buahan merupakan salah satu komponen makanan yang berguna dalam untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian seseorang. Bukan hanya kebutuhan harian, buah-buahan juga berguna untuk membantu meningkatkan IQ dan kecerdasan otak manusia. Akan tetapi tidak semua buah-buahan dapat memberikan manfaat yang baik untuk memperkembangkan otak manusia. Berdasarkan penelitian yang ada, ada beberapa kandungan yang dapat meningkatkan perkembangan otak manusia, seperti minyak ikan, protein, dan vitamin B kompleks. Dimana kandungan ini terbukti dapat merangsang otak untuk bekerja lebih baik. 

Sebenarnya jika kita tidak menjaga otak dengan baik, ada beberapa dampak negatif yang dapat merusak otak manusia, diantaranya adalah Hipertensi, diabetes, obesitas, depresi trauma kelapa, kolesterol tinggi dan merokok. Bahkan jika otak tidak dirawat dengan benar, kerusakan otak minimum dapat meningkatkan resiko dari paparan demensia.

Maka dari itu berikut adalah 4 rekomendasi buah-buah yang baik untuk meningkatkan kesehatan otak dan kecerdasan menurut medium.com.

 

 

Bluberi

Blueberry merupakan salah satu jenis makanan yang dikenal karena mengandung tinggi antioksidan. Selain itu, buah blueberry juga dikenal karena rasanya yang manis. Berdasarkan penelitian perihal buah blueberry, jika blueberry dikonsumsi secara rutin terbukti kalau buah tersebut dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif seseorang, terutama untuk orang-orang yang lebih dewasa menuju tua. Dilansir oleh jurnal penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry mereka menemukan bahwa mengkonsumsi blueberry terbukti dapat meningkatkan fungsi memori orang dewasa khususnya orang-orang yang telah menunjukan tanda-tanda terserang penyakit demensia.

 

 

Alpukat

Bukan hanya dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh, alpukat juga terbukti dapat meningkatkan kinerja otak manusia. Lemak sehat yang dimiliki alpukat termasuk dalam kandungan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Dimana kedua jenis lemak ini lah yang memiliki kandungan baik untuk kesehatan dan dapat mengurangi peradangan yang ada pada otak. Selain itu, alpukat juga merupakan buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C dan E, dimana dua vitamin ini juga bisa dikatakan memiliki manfaat yang tinggi untuk menjaga kesehatan otak dan fungsi kognitif. Berdasarkan penelitian yang dirilis oleh jurnal Nutrients mengatakan bahwa jika mengkonsumsi alpukat secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif pada orang lanjut usia yang sehat.

 

 

Jeruk

Semua orang tahu kalau buah jeruk kaya kandungan vitamin C. Selain itu, jeruk juga berguna untuk menjaga kesehatan otak dan fungsi kognitif otak. Detailnya, Vitamin C adalah jenis antioksidan yang terbukti dapat membantu melindungi otak dari paparan radikal bebas. Dalam artikel ini, lebih disarankan untuk lansia mengkonsumsi ini secara. 

Berdasarkan penelitian yang berjudul Plasma Vitamin C Concentrations and Cognitive Function: A Cross-Sectional Study jeruk memiliki kadar vitamin C yang lebih tinggi kontribusinya dalam peredaran darah yang kemudian mengalami peningkatan khususnya pada memori, tingkat kefokusan, perhatian, dan kecepatan terutama dalam mengambil keputusan.

Pisang

Potasium merupakan salah satu jenis mineral yang paling dibutuhkan oleh tubuh manusia. Dimana jika tubuh kita mendapatkan asupan potasium yang tepat berarti tubuh kita juga akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Kandungan ini lah yang mengatur keseimbangan terutama yang ada di dalam tubuh, memecahkan dan memanfaatkan kandungan karbohidrat, serta menambah protein. 

Salah satu buah-buahan yang kaya akan potasium adalah pisang. Bisa dikatakan kandungan potasium yang ada pada pisang terbukti dapat mengatur aktivitas listrik yang ada pada otak dan juga dapat meningkatkan fungsi kognitif . Bukan hanya itu pisang juga mengandung vitamin B6 baik, dimana dapat membantu menjaga dan mengembangkan otak. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa asupan potasium yang lebih tinggi dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik pada orang dewasa yang lebih tua.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di tautan ini.

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading