Sukses

Lifestyle

10 Aktivitas Sederhana Sehari-hari yang Meningkatkan Kecerdasan Otak

Fimela.com, Jakarta Saat usia terus bertambah, kemampuan otak dalam menangkap pengetahuan tak semaksimal saat usia seseorang masih anak-anak. Kemampuan otak dalam berpikir pun dikatakan akan terus mengalami penurunan seiring bertambahnya usia seseorang. Apalagi, jika kemampuan ini tak pernah diasah atau digunakan untuk aktivitas yang memang baik buat kecerdasan otak. 

Mengutip dari laman healthline.com, beberapa aktivitas sehari-hari yang sederhana, rupanya bisa meningkatkan kecerdasan otak. Beragam aktivitas ini berkontribusi besar pada peningkatan kecerdasan dan kesehatan otak. Meskipun tidak ada jaminan bahwa aktivitas ini akan membuatmu menjadi jenius dalam semalam, melakukan hal-hal ini secara konsisten bisa membantu meningkatkan kapasitas otakmu. Penasaran apa saja aktivitas tersebut? Simak yang berikut.

1. Olahraga Rutin

Berolahraga meningkatkan aliran darah ke otak dan merangsang produksi zat kimia penting yang bisa meningkatkan fungsi kognitif. Selian sangat baik buat kesehatan tubuh secara menyeluruh, olahraga juga baik buat kesehatan mental serta otak. Cobalah untuk olahraga lari, bersepeda, berenang, atau sekedar jalan pagi untuk kesehatanmu yang makin maksimal. 

2. Membaca Buku

Membaca adalah salah satu cara terbaik untuk melatih otak. Membaca buku dengan beragam genre akan memperluas wawasanmu. Ini juga akan meningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaranmu ke depannya. 

3. Bermain Puzzel dan Permainan Otak Lainnya

Sudoku, teka-teki silang, bermain catur, permainan papan, dan aplikasi permainan otak adalah beragam permainan yang mampu mengasah kemampuan otak. Ini membantumu melatih kemampuan pemecahan masalah. Ini juga meningkatkan memorimu. 

4. Belajar Bahasa Asing

Belajar bahasa asing merangsang otak untuk berpikir secara berbeda dan meningkatkan keterampilan komunikasi.  Kamu bisa mencoba aplikasi belajar bahasa atau kursus online. Kamu juga bisa mencoba berkomunikasi dengan orang lain yang berbeda bahasa. Ini lebih memudahkanmu belajar bahasa asing. 

5. Tidur Cukup

Jangan pernah mengabaikan tidur cukup Sahabat Fimela? Tidur cukup memberi banyak manfaat buat kesehatan. Salah satunya yakni meningkatkan kesehatan otak. Tidur yang baik adalah waktu ketika otak mengkonsolidasikan informasi yang telah kamu pelajari sepanjang hari. Usahakan kamu mendapatkan 7-9 jam tidur setiap malam.

6. Meditasi dan Yoga

Kedua aktivitas ini bisa membantumu mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi serta ketenangan pikiran. Baik meditasi atauppun yoga, akan membuat suasana hatimu makin bahagia, tenang dan nyaman. Ini juga memungkinkanmu memiliki kesehatan tubuh yang lebih optimal. 

7. Makan Makanan Sehat

Gizi yang baik memainkan peran penting dalam fungsi otak. Konsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, antioksidan, dan nutrisi penting lainnya bisa meningkatkan kecerdasan otak. Tak hanya berlaku pada anak-anak, nutrisi yang baik berperan penting bagi otak orang dewasa. 

8. Mengasah Kemampuan Seni

Aktivitas seperti melukis, bermain musik, atau menulis dipercaya mampu merangsang kreativitas dan fungsi otak yang berbeda. Studi menemukan jika orang-orang yang pandai dalam bermusik atau bidang seni lainnya, umumnya memiliki kecerdasan yang lebih mengesankan. Mereka juga dikenal sangat kreatif pun imajinatif. 

9. Bersosialisasi dengan Orang Lain

Bersosialisasi dengan orang lain membantu melatih keterampilan komunikasi dan empati dalam dirimu. Cobalah untuk berbicara dengan teman, keluarga, atau bergabung dalam kelompok minat yang kamu sukai. Ini akan membantumu memiliki pengetahuan tambahan dan meningkatkan kecerdasan otakmu. 

10. Belajar Hal Baru

Teruslah mencari tantangan dan belajar hal-hal baru. Ini akan merangsang otak dan memperluas pengetahuanmu. Ini akan meningkatkan kreativitas dan daya ingatmu akan banyak hal. 

Itulah sekian aktivitas sederhana sehari-hari yang bisa meningkatkan kecerdasan otak. Sekian aktivitas ini juga akan meningkatkan kemampuanmu dalam berinteraksi dengan semua orang. Ini bahkan membuatmu tampak lebih sehat secara fisik pun psikis. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading