Sukses

Food

Festival Jajanan Bango 2023: Hadirkan Pesona Indonesia Melalui 100 Hidangan Legendaris Nusantara

Fimela.com, Jakarta Festival Jajanan Bango kembali digelar di Jakarta, bertempat di Plaza Parkir Timur Senayan,  mulai dari 27 hingga 29 Oktober 2023. Dengan tema “Bangkitkan Sejuta Rasa Nusantara”, festival kuliner akbar ini menghadirkan petualangan kuliner yang berbeda yaitu pengalaman multisensori saat menikmati ragam hidangan yang disajikan oleh lebih dari 100 legenda kuliner dari berbagai wilayah Indonesia.

Pelaksanaan Festival Jajanan Bango 2023 kembali didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI berkat persamaan misi untuk memajukan dan melestarikan kekayaan kuliner nusantara sekaligus mendorong kiprah pelaku UMKM kuliner tradisional.

Tidak hanya itu, Festival Jajanan Bango 2023 juga berpartisipasi dalam program “Wonderful Indonesia” yang juga menjadi bagian dari usaha Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang membuktikan bahwa pesona Indonesia tidak hanya terpancar dari keindahan alam ataupun keanekaragaman seni dan budayanya, tetapi juga dapat dirasakan dari kelezatan serta kearifan lokal yang terkandung dalam begitu banyak ragam kulinernya. Selain itu, Festival Jajanan Bango turut berkontribusi pada upaya Kemenparekraf RI untuk memajukan kuliner nusantara, khususnya yang menggunakan kecap manis sebagai culinary gem yang ikut membawa kuliner Indonesia mendunia melalui program “Indonesia Spice Up the World”. Festival ini juga dihadiri oleh sejumlah artis sekaligus influencer ternama seperti Sarwendah Tan, Fujianti hingga Nagita Slavina. Berikut informasi lengkapnya. 

Festival Jajanan Bango juga memperingati perjalanan Kecap Bango selama 95 tahun

Amaryllis Esti Wijono atau akrab disapa Lilis, selaku Direktur Nutrition PT Unilever Indonesia, Tbk. menerangkan, “Sejak 1928, Bango selalu konsisten menjaga kualitas melalui penggunaan 4 bahan alami terbaik dan proses pembuatan yang otentik. Hingga kini menginjak 95 tahun, upaya ini terus dilakukan agar kecap manis yang berkualitas dapat terus lestari sebagai culinary gem kebanggaan Indonesia yang menyatukan kelezatan aneka kuliner nusantara sejak dulu hingga nanti.”

“Bango juga konsisten melestarikan kekayaan kuliner Nusantara melalui berbagai platform, salah satunya Festival Jajanan Bango yang digagas sejak tahun 2005. Setelah awal Oktober lalu sukses memuaskan selera lebih dari 22.000 masyarakat Makassar dengan 45 hidangan otentik persembahan legenda kuliner lokal maupun nasional, kini Festival Jajanan Bango Jakarta 2023 menghadirkan lebih dari 100 penjaja kuliner legendaris dari berbagai wilayah; mencerminkan keunikan kota ini sebagai melting pot yang dijuluki ‘ibukota kuliner nusantara’,” lanjut Lilis.

Lilis juga menambahkan selain menghadirkan100 jajanan kuliner legendaris, Festival Jajanan Bango juga menghadirkan nuansa berbeda karena digelar bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Bango mengajak para pengunjung memiliki pengalaman multisensori di dalam sebuah galeri imersif yang menonjolkan berbagai pesona kuliner Indonesia. Dengan memanfaatkan kepekaan kelima indera, pengalaman ini diharapkan dapat membangkitkan sejuta rasa di hati dan pikiran generasi muda untuk mengapresiasi kuliner nusantara sebagai sebuah mahakarya yang patut dirayakan dan dilestarikan. Terlebih tongkat estafet untuk melestarikan kuliner nusantara adalah generasi muda saat ini. Tidak hanya galeri imersif, Festival Jajanan Bango 2023 juga menyediakan sebuah area yang disertai dengan space berfoto yang juga memperkenalkan sekaligus menjelaskan bagaimana kecap bango dibuat. Bahkan ada juga contoh tanaman yang turut dibudidayakan. 

Berbagai pihak merespon gerakan pelestarian kuliner yang dibuat oleh Bango secara positif

Festival Jajanan Bango disambut positif oleh berbagai pihak seperti Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang menyampaikan, “Saya turut bangga dan memberikan apresiasi besar pada Unilever Indonesia yang terus mengembangkan diri dan berinovasi dalam melestarikan kekayaan dan keragaman kuliner asli Indonesia, agar dapat dikenal oleh seluruh kalangan. Saya berharap Festival Jajanan Bango 2023 dapat mendorong semangat para pengusaha kuliner dan masyarakat Indonesia untuk terus mempertahankan warisan kuliner nusantara sehingga Indonesia dapat menjadi tujuan wisata gastronomi dunia. Bersama keluarga, teman, dan senyum penuh ceria, mari kita jelajahi dunia rasa asli Indonesia, dan mari kita makan minum dan bersukaria di Festival Jajanan Bango 2023!”

Drs. Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI yang diwakilkan oleh Ir. R.S. Hanung Harimba Rachman, S.E., M.S. – Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Koperasi dan UKM RI dalam sambutannya juga turut berkomentar, “Festival Jajanan Bango ini lebih dari sekedar acara, melainkan wadah penting bagi pelaku UKM untuk berinovasi, berkolaborasi, dan memanfaatkan kekayaan budaya Nusantara sebagai keunggulan kompetitif di kancah global. Ini sangat relevan mengingat dominasi industri kuliner dalam sektor UMKM di Indonesia. Saya percaya, melalui festival ini, potensi dan kontribusi UMKM, khususnya di industri kuliner, akan semakin dikenali dan diapresiasi, mendorong pertumbuhan di skala lokal hingga nasional. Kepada seluruh peserta yang hadir, saya mengajak agar terus berkarya dan berinovasi. Jadilah pionir dalam UMKM masa depan yang responsif, adaptif, dan terus maju.”

Tidak ketinggalan influencer Sarwendah Tan yang juga seorang Celebrity Mom sekaligus sosok pecinta dan pelestari kuliner Indonesia juga menceritakan sekaligus memberikan harapan yang positif untuk Festival Jajanan Bango kali ini. “Aku sekeluarga sangat suka berpetualang kuliner untuk mencari hidangan-hidangan khas dari berbagai penjuru Indonesia. Apalagi di acara kuliner seperti Festival Jajanan Bango, nggak cuma buat hunting makanan enak, kesempatan ini juga aku manfaatkan untuk memperkaya referensi masakan nusantara – baik untuk dihidangkan di rumah ataupun sebagai inspirasi buat usaha kulinerku. Kapan lagi bisa ketemu langsung dengan begitu banyak legenda kuliner yang Bango hadirkan di sini? Jadi nggak sabar buat keliling, belajar, dan menjajal kemampuan untuk mengolah resep andalan mereka!”  

Cicipi kelezatan hidangan nusantara pada Festival Jajanan Bango 2023

Festival Jajanan Bango menghadirkan berbagai area mulai dari Kecap Manis hingga Hitam Gurih yang menghadirkan hidangan Nusantara yang tersebar mulai dari Aceh hingga Nusa Tenggara sekalipun. Tidak hanya itu juga, untuk masuk ke dalam festival pengunjung bisa melakukan registrasi online. Bila tidak sempat pengunjung bisa datang ke lokasi dan registrasi melalui scan QR yang tersedia dan akan diarahkan ke area perjalanan Kecap Bango, Galeri Imersif, dan area makanan yang tersebar. Jangan khawatir dengan spot foto menarik sebab berbagai area memiliki spot foto bahkan icon globe yang selalu hadir dalam Festival Jajanan Bango juga hadir. 

Untuk para ibu yang bingung ingin memasak makanan bisa banget pergi ke Festival Jajanan Bango terlebih setelah mencicipi kelezatan hidangan khas Indonesia yang begitu banyak di Festival Jajanan Bango, terutama yang berbasis kecap, diharapkan akan lebih terdorong untuk menyajikan hidangan berbasis kecap di rumah, sehingga para ibu dapat ikut berperan untuk melestarikan kekayaan kuliner nusantara.

Untuk acara puncak Festival Jajanan Bango Jakarta 2023 akan ditutup dengan penampilan Rossa yang akan menyempurnakan petualangan kuliner para pengunjung dengan penampilannya yang atraktif dan lagu-lagu hits yang sudah sangat akrab di telinga. Dan terakhir ramaikan juga dengan tagar #Bangkitkansejutarasa ketika berbagi pengalaman manis di Festival Jajanan Bango 2023 ini. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading