Sukses

Food

3 Tips Menggoreng Tofu atau Tahu Sutra agar Minyak Tidak Meletus

Fimela.com, Jakarta Banyak orang berpikir menggoreng tahu adalah hal yang mudah, tapi tahu memiliki banyak jenis dan tekstur sehingga pengolahannya terkadang tidak sama antara satu dan yang lainnya. Umumnya, banyak orang sudah bisa menggoreng tahu putih kotak yang sering kita temui di pasar, cukup dipotong-potong, dibumbui, diamkan sebentar agar bumbu meresap lalu digoreng hingga matang berkulit kecokelatan. Tahu jenis ini cenderung tidak mudah hancur jika digoreng, dan seringkali teksturnya lebih padat dan kasar.

Tapi bagaimana jika ingin menggoreng tahu sutera atau jenis tahu yang memiliki tekstur lembut dan mudah hancur? Jika tidak hati-hati, justru tahu hancur saat digoreng ataau mencipratkan minyak panas selama digoreng sehingga membahayakan. Untuk menghindari hal tersebut, ikuti tips berikut ini agar menggoreng tofu tidak hancur dan membuat minyak meletus.

1. Lapisi tepung kering

Setelah dipotong-potong, balurkan tahu sutera ke dalam tepung terigu sehingga bisa menyerap kelebihan air dan mencegah letusan minyak saat digoreng. Melapisi tahu dengan tepung juga bisa membuat tahu lebih cepat matang dan tidak gampang hancur selama digoreng. Jika ingin rasa gurih atau asin, campurkan tepung dengan garam atau penyedap.

2. Lapisi kocokan telur

Jika ingin variasi yang lain, boleh melapisi tahu menggunakan telur sebelum digoreng. Tahu sutera bisa dilapisi dengan sedikit tepung lalu celupkan ke dalam telur kocok sebelum digoreng agar tidak mencipratkan minyak panas. Lapisan telur ini juga secara alami mampu memberi rasa lebih gurih dan renyah ketika disantap. Pastikan saat menggoreng minyaknya sudah panas betul, tapi jangan sampai berasap, nanti tahu mudah gosong.

3. Masukkan tepung ke dalam minyak

Jika tak ingin ribet mencelupkan potongan tahu ke dalam tepung maupun telur, kamu juga bisa mencoba cara yang lebih praktis, yaitu menaburkan tepung terigu secukupnya (sekitar setengah sendok teh) ke dalam minyak yang dipanaskan atau sebelum memasukkan tahu ke dalam minyak. Pastikan minyak sudah dipanaskan dengan baik, jangan sampai keluar asap, asal cukup panas sehingga tahu sutera bisa langsung tergoreng dan berkulit bagian luarnya. Tepung yang ditaburkan ke dalam minyak berfungsi mencegah minyak meletus dan membuat tahu bagian luar renyah dan bagian dalam tetap lembut.

Itu dia tips menggoreng tofu agar minyak tidak meletus. Semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan di rumah.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading