Sukses

Food

Resep Sederhana untuk Membuat Saus Tomat Segar di Rumah

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Saus tomat merupakan saus multifungsi yang dibuat dari tomat halus dan bahan-bahan lain seperti gula, garam, cuka, dan berbagai rempah, serta terkadang bahan tambahan lain. Ini adalah salah satu saus yang paling sering digunakan di dunia, seringkali menjadi komponen penting dalam berbagai resep dan sajian.

Untuk membuat saus tomat, tomat dihancurkan atau dihaluskan menjadi pasta tomat atau jus. Saus ini umumnya diaplikasikan sebagai dasar untuk berbagai masakan, termasuk pasta, pizza, saus daging, dan sebagai saus celup.

Dengan beragam resep dan variasi yang ada, saus tomat dapat memiliki rasa yang beragam, dari manis hingga pedas, asam, atau disesuaikan dengan bumbu khas dari setiap wilayah atau negara. Inilah resep dan langkah-langkah sederhana untuk membuat saus tomat segar buatan rumah:

Resep Saus Tomat

Bahan-bahan:

  • 1 kg tomat matang.
  • 1 bawang bombay, cincang halus.
  • 2 siung bawang putih, cincang halus.
  • 2 sendok makan minyak zaitun atau minyak sayur.
  • 2 sendok makan gula.
  • 1 sendok teh garam (atau sesuai selera).
  • Merica secukupnya1 sendok makan cuka (opsional).
  • Rempah-rempah seperti oregano, basil, atau bumbu lainnya (opsional, sesuai selera).

Cara Membuat:

  1. Hilangkan bagian tangkai dan buat sayatan kecil di dasar tomat. Celupkan ke dalam air mendidih sebentar, lalu angkat dan kupas kulitnya. Iris tomat menjadi bagian-bagian kecil atau lumatkan dengan blender.
  2. Dalam panci yang sudah dipanaskan, tumis bawang bombay dan bawang putih dengan minyak zaitun hingga aroma wangi tercium dan warnanya menjadi kecokelatan.
  3. Masukkan irisan atau pure tomat ke dalam panci yang sudah ada bawang tumis. Didihkan dengan api yang tidak terlalu besar hingga saus mengental dan airnya berkurang, ingat untuk mengaduknya sesekali.
  4. Setelah saus tomat mulai mengental, masukkan gula, garam, merica hitam, cuka (opsional), dan bumbu seperti oregano atau basil sesuai selera Anda. Campurkan semua bumbu tersebut dan biarkan terus memasak beberapa menit.
  5. Rasakan saus tomat dan sesuaikan tingkat keasaman, kemanisan, atau kepedasan sesuai keinginan. Jika rasanya terlalu asam, bisa ditambahkan sedikit gula untuk menyeimbangkannya.
  6. Setelah saus tomat agak dingin, tuangkan ke dalam wadah yang kedap udara. Simpan di kulkas untuk digunakan nanti.

Kamu bebas mengatur kekentalan saus tomat sesuai keinginan dengan cara memasaknya lebih lama lagi sesuai selera.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading