Sukses

Food

Tips Berikut Bantu Kamu Persiapkan Makanan Sehat dan Singkat untuk Diet Selama 15 Menit

Fimela.com, Jakarta Makanan menjadi kebutuhan utama untuk memenuhi nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Meskipun dalam melakukan diet sekalipun, tubuh juga perlu nutrisi. Jangan pernah mencoba untuk membatasi makanan yang masuk ke tubuh. Selain itu jika ada pantangan sebisa mungkin untuk gunakan bahan alternatif. 

Melakukan diet berarti memiliki tujuan baik ingin membuat badan menjadi sehat ataupun memiliki berat badan ideal, berarti kamu harus siap dengan risiko serta 'berkorban' untuk mengurangi konsumsi makanan yang umumnya sering dikonsumsi seperti olahan manis hingga produk susu. 

Namun di sisi lain, kondisi dan kebutuhan orang berbeda. Ada yang dapat mengatur meal prep dengan baik selama proses melakukan diet ada juga yang tidak sempat. Akibat dari tidak sempatnya ini malah mengambil jalur pintas dengan konsumsi makanan serba cepat dan akan menggagalkan diet yang dilakukan. 

Kamu bisa tetap membuat makanan dengan waktu yang cepat selama proses diet berlangsung, katakanlah 15 menit saja kamu meluangkan waktu, kamu tetap bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, kamu bisa mengatur kembali regulasi waktu untuk menyiapkan dan menyimpan bahan masakan. Berikut tips dan rekomendasi resep makanan diet singkat hanya dengan waktu 15 menit saja dari Taste of Home dan EatingWell. 

Tips mempersiapkan makanan cepat hanya dalam 15 menit dan bisa dilakukan saat melakukan diet

1) Jangan takut untuk mengimprovisasi makanan 

Meskipun dalam melakukan diet, kamu tidak perlu takut untuk mengatur makananmu selama masih dalam jangkauan diet yang aman. Kamu juga dapat mengimprovisasi makanan dengan cara cepat misalnya konsumsi sayur mayur dengan campuran pasta maupun yang lainnya, dietmu akan terjaga dan kamu akan tenang dengan porsi makanmu yang teratur.  

2) Sesuaikan dengan waktumu 

Karena ini merupakan meal plan untuk makananmu dalam sehari-hari, kamu bisa mengaturnya sesuai dengan jadwal dan waktu yang kamu miliki. Pastikan jika kamu membuat meal plan setidaknya yang mudah dan hanya dalam waktu 15 menit saja. Misalnya kamu punya waktu untuk memasak di hari rabu dan punya waktu sibuk di hari jumat, kamu bisa mencari makanan alternatif yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan diet agar nutrisi tetap terjaga. 

3) Gunakan bahan alternatif

Jika kamu memiliki pantangan dalam makanan, kamu bisa membuat makanan yang dapat menggunakan bahan pengganti atau menambahkan komposisi di dalam masakannya. Seperti tacos, salad dan pasta juga menjadi pilihan baik. 

4) Simpan makanan sesuai dengan urutan dan kenyamanan

Agar memudahkanmu untuk mengetahui tempat bahan makanan, buatlah pantry zone dengan berbagai kategori seperti peralatan untuk membuat kue, koleksi bumbu, hingga snack. Gunakan label untuk menata tatanan bahan makanan yang dapat kamu gunakan untuk membuat makanan dietmu menjadi lebih terstruktur. 

Salmon with Roasted Red Pepper Quinoa Salad

Bahan-bahan

  • 3 sendok teh minyak zaitun, bagi menjadi 3 bagian 
  • 1 1/4 pon salmon dengan kulit, potong menjadi 4 porsi
  • 1/2 sendok teh garam, pisah menjadi 2 bagian
  • 1/2 sendok teh lada, pisah menjadi 2 bagian
  • 2 sendok teh cuka
  • 1 buah bawang putih, cincang
  • 2 cup quinoa matang
  • 1 cup paprika merah panggang, cincang
  • 1/4 cup daun cilantro segar, cincang
  • 1/4 cup daun pistachio, cincang 

Cara membuat 

Panaskan 1 sendok teh minyak pada wajan anti lengket dengan api sedang, keringkan salmon dengan tissue khusus dan beri garam dan lada. Masukkan ke dalam wajan dan masak hingga kedua sisinya kecokelatan selama 3 sampai 4 menit. Kemudian masak kembali selama 1 sampai 2 menit hingga teksturnya melembut. Setelah itu sisihkan. 

Campurkan sisa 2 sendok teh minyak, 1/4 sendok teh garam dan lada, cuka, dan bawang putih pada mangkuk berukuran sedang, tambahkan quinoa. lada, cilantro, dan pistachio, setelah itu sajikan bersama salmon dan salad. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading