Sukses

Food

Kenali 5 Manfaat Kuning Telur untuk Tubuh

Fimela.com, Jakarta Telur masih menjadi salah satu bahan makanan favorit banyak orang. Selain murah dan mudah didapatkan, bahan makanan ini juga tergolong mudah untuk diolah. Tidak lupa, telur juga kaya akan protein yang bermanfaat untuk tubuh. 

Seperti yang telah diketahui, telur terdiri atas kuning dan putih telur. Ada mitos yang mengatakan bahwa kuning telur mengandung kolesterol yang sangat tinggi dan lebih baik dibuang atau tidak dimakan. Tapi, kuning sebenarnya memiliki nutrisi yang sama dengan putih telur apabila dikonsumsi secara benar. Dilansir dari laman NDTV, berikut 5 manfaat kuning telur yang perlu Sahabat Fimela tahu.

1. Kuning Telur Belum Terkonfirmasi Berdampak Buruk pada Jantung

Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) atau biasa disebut kolesterol jahat menjadi salah satu cikal bakal penyakit jantung. Tapi, kolesterol tersebut sebenarnya lebih banyak disebabkan kandungan lemah jenuh dalam makanan dibandingkan telur. Konsumsi kuning telur masih bisa disebut aman bagi jantung apabila tidak dikonsumsi secara berlebihan.

2. Kuning Telur Baik untuk Ibu Hamil

Menurut praktisi kesehatan dan ahli gizi makrobiotik, Shilpa Arira ND, kuning telur menjadi sumber kolin yang menjadi komponen utama asetilkolin. Salah satu pengantar rangsangan saraf (neurotransmiter) penting pada otak. Dalam masa kehamilan, kandungan kolin yang cukup, baik untuk perkembangan otak normal bayi.

3. Meningkatkan Antioksidan dalam Tubuh

Kuning telur mengandung lemak omega-3 dan vitamin A, D, E, dan K. Selain itu, kuning telur juga kaya akan folat dan vitamin B12. Kandungan-kandungan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan antioksidan dalam membantu tubuh melawan efek radikal bebas yang bisa menimbulkan berbagai penyakit.

4. Melindungi Mata dari Degenerasi Makula

Menurut buku Healing Foods yang diterbitkan oleh DK Publishing, kuning telur mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthine. Kedua kandungan ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata. Membantu melindungi mata dari degenerasi makula terkait usia atau kehilangan penglihatan.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Dalam buku Healing Foods juga disebutkan bahwa kuning telur mengandung kandungan triptofan dan tirosin. Tidak hanya itu, kuning telur juga mengandung asam amino. Kandungan-kandungan inilah yang dapat mencegah penyakit jantung.

Berikut tadi adalah 5 manfaat kuning telur untuk tubuh. Sahabat Fimela tidak perlu khawatir dalam mengonsumsi kuning telur. Asal konsumsi masih dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Untuk orang dengan kolesterol tinggi mungkin dapat berkonsultasi lebih dulu apda dokter mengenai jumlah telur yang aman dikonsumsi setiap harinya.

 

Penulis Khrisna Ayu Meythasari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading