Sukses

Food

5 Alternatif Pengganti MSG yang Tak Kalah Enak dan Gurih

Fimela.com, Jakarta MSG (Monosodium Glutamat) atau yang biasa disebut micin merupakan penyedap rasa untuk makanan. Banyak yang menghindari penyebab makanan ini karena dianggap tidak sehat bagi tubuh. Sebenarnya, kandungan utama MSG adalah asam glutamat yang apabila dikonsumsi secara wajar tidak berbahaya bagi tubuh. 

WHO menetapkan batas wajar konsumsi MSG setiap harinya adalah 0-120 mg/kgBB. Meskipun aman, tapi penggunaan MSG perlu diperhatikan agar tidak melebihi batas wajar. Asam glutamat berperan pada otak sebagai neurotrasmiter. Apabila kadar glutamat dalam otak terlalu banyak, dapat memicu keracunan pada otak dan kematian sel dalam jangka panjang. Simak 5 alternatif yang dapat digunakan sebagai pengganti MSG dilansir dari foodchamps.org.

1. Garam

Rasa gurih yang ditonjolkan MSG untuk makanan dapat digantikan dengan garam. Garam laut dapat digunakan dalam hal ini. Rasa dan aroma yang dihasilkan garam laut pada makanan memiliki efek serupa dengan MSG. Selain itu, garam juga lebih murah dan mudah ditemukan di pasaran.

2. Kaldu Sapi

Kaldu daging sapi memiliki rasa gurih yang dapat menggantikan peran MSG dalam makanan. Asam amino dalam kaldu sapi mengandung glutamat yang memberikan rasa serupa dengan MSG. Kaldu sapi sekarang ini banyak dijual di pasaran dalam berbagai bentuk, muali dari bubuk hingga berbentuk kubus kecil.

3. Keju

Tidak semua keju dapat menjadi pengganti MSG. Contohnya keju cheddar yang perlu didiamkan selama setahun agar mendapat rasa yang tepat sebagai alternatif MSG. Keju parmesan dapat digunakan untuk memberikan ketajaman rasa pada masakan seperti MSG. Keju dapat digunakan sebagai taburan, seperti pada salad, sup, atau roti.

4. Minyak

Ada beberapa jenis minyak yang dapat menjadi alternatif MSG. Antara lain minyak wijen, minyak biji bunga matahari, dan minyak alpukat. Minyak-minyak ini jika dipadukan dengan bawang putih, jamur, atau bahan yang gurih lainnya akan menambah nikmat makanan.

5. Jamur

Jamur dapat menjadi pilihan tepat pengganti MSG untuk beberapa masakan, seperti sup atau semur untuk menambah rasa gurih. Sekarang ini, telah banyak dijual kaldu jamur di pasaran yang fungsinya sama seperti MSG. Kaldu jamur akan menambahkan rasa gurih pada makanan.

Itu tadi 5 pengganti MSG atau yang Sahabat Fimela kenal dengan micin. Sebenarnya penggunaan MSG tidak berbahaya bagi tubuh apabila dalam batas wajar. Semoga Sahabat Fimela menjadi lebih bijaksana dalam memilih bumbu makanan yang aman untuk tubuh ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading