Sukses

Food

Cara Membuat Rebusan Serai sebagai Penurun Kolesterol dan Darah Tinggi

Fimela.com, Jakarta Serai merupakan salah satu tanaman aromatik yang juga berguna sebagai tanaman obat. Itu karena serai memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry disebutkan bahwa serai memiliki kandungan antioksidan seperti asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin sehingga dapat membantu menangkal radikal bebas.

Antioksidan tinggi juga sangat baik dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti membantu menurunkan kolesterol, menurunkan gula darah hingga menurunkan darah tinggi. Kandungan minyak atsiri serai dapat memberikan efek relaksasi dan membantu melepaskan stres. Serai juga bersifat antiinflamasi sehingga dapat membantu meredakan peradangan. Cara mudah mendapatkan manfaat serai adalah dengan direbus. Ini cara membuat rebusan serai sebagai penurun kolesterol dan darah tinggi.

1. Ditumbuk atau diparut

Cara terbaik mendapatkan manfaat rebusan serai adalah dengan menumbuk halus serai yang sudah dipotong kecil-kecil. Gunakan lumpang dan alu untuk menumbuk serai. Boleh juga menggunakan ulekan biasa. Serai juga bisa diparut halus dengan alat parut kelapa agar sari-sarinya lebih keluar meski cara ini agak susah karena serat serai yang cukup padat. Setelah itu, rebus bersama air secukupnya sebentar saja hingga aroma wanginya keluar, lalu saring ke dalam gelas.

2. Digeprek hingga agak hancur

Serai memang paling mudah digeprek tapi sebenarnya cara ini kurang bisa mengeluarkan sari-sari serai secara maksimal. Akan lebih baik jika setelah digeprek kemudian diiris tipis sehingga ketika direbus, kandungan serai bisa lebih keluar dan lebih efektif dalam menyembuhkan penyakit atau mengatasi berbagai masalah kesehatan.

3. Diiris tipis

Sebelum direbus, serai juga bisa diiris tipis sehingga sari-sarinya bisa lebih keluar. Cara ini juga lebih baik ketimbang sekadar digeprek. Caranya, cukup cuci bersih serai, kupas bagian terluarnya yang kurang bagus lalu iris tipis dari bagian daun muda hingga ujung batangnya yang dekat dengan akar. Kemudian panaskan air, masukkan serai dan lanjutkan merebus hingga aroma airnya wangi dan warnanya keruh. Saring dan nikmati hangat.

4. Dijadikan jamu

Mau ditumbuk halus, digeprek atau pun diiris tipis, serai lebih baik lagi khasiatnya jika dipadukan dengan bahan-bahan alami lainnya. Ada banyak tanaman obat atau rempah-rempah yang dimanfaatkan sebagai jamu seperti kunyit, jahe, kayu manis, daun salam, kencur dan lain sebagainya. Kandungan antioksidan jamu serai akan semakin tinggi sehingga lebih efektif dalam menurunkan kolesterol, darah tinggi bahkan asam urat.

Itu dia beberapa cara membuat rebusan serai untuk menjaga kesehatan, beberapa di antara sebagai penurun kolesterol dan darah tinggi.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading