Sukses

Food

Cara Merebus Daun Kelor untuk Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

Fimela.com, Jakarta Daun kelor mungkin hanya tampak seperti tanaman hijau liar pada umumnya, karena terkadang orang tidak begitu mengenal dan mengetahui apa fungsinya untuk kehidupan manusia. Tapi sesungguhnya banyak penelitian yang telah membuktikan khasiat kandungan daun kelor untuk kesehatan. Tanaman dengan nama latin Moringa oleifera ini memiliki banyak sekali nutrisi seperti vitamin C, vitamin B6, vitamin A, protein, zat besi, riboflavin (B2), magnesium dan serat.

Karena itu pula, kandungan antioksidan daun kelor sangat tinggi sehingga efektif dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan mengonsumsi air rebusan daun kelor, beberapa di antaranya seperti meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, darah tinggi, gula darah, asam urat hingga mencegah kanker. Ada beberapa cara merebus kelor sehingga bisa mendapatkan manfaat sehatnya, catat dan coba di rumah ya.

1. Dikeringkan

Semakin dikenalnya manfaat dan kandungan daun kelor, semakin besar orang tertarik untuk menggunakannya di rumah. Tapi terkadang tidak semua orang memiliki pohonnya sehingga jika kebetulan beli di pasar, bisa dikeringkan untuk disimpan dan dikonsumsi kapan pun jika ingin. Daun kelor kering juga tidak kalah berkhasiat meski sudah dikeringkan karena kandungannya tetap terjaga jika cara pengeringannya tepat. Sebaiknya dibilas sebentar lalu diangin-anginkan di suhu ruangan yang teduh dan sejuk, lalu dibiarkan kering sendiri tanpa perlu dijemur di bawah sinar matahari.

2. Direbus saat daun segar

Jika memiliki pohon kelor di rumah, boleh juga langsung direbus dalam keadaan segar. Banyak juga resep daun kelor dijadikan menu sayur bening yang rasanya ringan dan segar. Kandungan nutrisinya juga lebih terjaga karena dikonsumsi langsung. Caranya sederhana, cukup cuci bersih daun kelor, petik-petik lalu rebus air hingga mendidih kemudian masukkan daun kelor. Rebus hingga airnya kehijauan. Angkat lalu saring, nikmati selagi hangat. Jika suka, tidak perlu membuang daun kelor yang sudah direbus, boleh ikut dimakan untuk melancarkan pencernaan.

3. Dicampur bahan lain

Daun kelor akan lebih baik manfaatnya jika dicampurkan atau dipadukan dengan bahan-bahan berkhasiat lainnya, seperti kayu manis, daun salam, kencur, serai, jahe dan lain sebagainya. Aroma dan rasanya juga lebih beragam sehingga lebih enak diminum. Misalnya membuat rebusan kelor jahe, cukup rebus air hingga mendidih, masukkan kelor dan jahe yang sudah digeprek, tunggu hingga aromanya harum, angkat dan saring. Minum selagi hangat.

Itu dia beberapa cara merebus daun kelor untuk menjaga kesehatan, terutama jika ingin menurunkan kolesterol dan asam urat. Semoga bermanfaat.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading