Sukses

Food

Resep Sambal Terasi Rumahan: Tips agar Tahan Lama dan Kreasi Sajian yang Menggugah Selera

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Jadi salah satu jenis sambal favorit masyarakat, nggak heran kalau banyak yang mencari resep sambal terasi yang bisa menghasilkan cita rasa sedap. Menyimpan stok sambal terasi di rumah bisa jadi pilihan untuk membuat berbagai lauk yang tersaji terasa makin mantap. Nah, tahu nggak sih kalau sensasi sambal rumahan ternyata bisa dinikmati dengan mudah tanpa perlu repot mengulek lagi? Saatnya cobain ABC Sambal Nusantara varian Sambal Terasi! 

ABC Sambal Nusantara menghadirkan inovasi sambal terasi rumahan dalam kemasan pertama di Indonesia yang punya cita rasa otentik. Proses pembuatannya dimasak ala resep sambal terasi rumahan, yaitu digiling secara tradisional untuk sensasi rasa yang sempurna. 

Untuk menjaga kualitasnya, ABC Sambal Nusantara Terasi dibuat dengan 100% bahan segar dari Indonesia*, yaitu terasi segar, cabai rawit merah, dan bawang merah. Nggak heran kalau cita rasa dan aromanya khas banget, seotentik sambal terasi rumahan. Sekarang nggak perlu repot lagi kalau mau menikmati masakan rumahan yang lebih sedap dan mantap. 

Kehadiran ABC Sambal Nusantara Terasi bisa jadi pendamping yang tepat untuk berbagai momen makan spesialmu. Nggak cuma menemani makan sehari-hari saja. Ketika ada acara spesial di rumah seperti BBQ party, kelezatan ABC Sambal Nusantara Terasi juga cocok dipadukan dengan ayam bakar, ikan bakar, atau iga bakar karena cita rasa pedasnya yang bikin sajian makin mantap. 

Bahkan, momen wisata kulineran ke kota lain juga bisa terasa makin nikmat kalau ada cocolan ABC Sambal Nusantara Terasi yang menemani. Bayangkan saja, cita rasa aneka masakan seperti seafood, sate lilit, hingga nasi djinggo saat sedang traveling ke Bali pasti jadi semakin sedap!

Nggak hanya Sambal Terasi saja, ABC Sambal Nusantara juga memiliki 4 varian sambal khas Nusantara yang siap melezatkan berbagai masakan di rumah. Mulai dari varian rasa Sambal Geprek, Sambal Rendang, Sambal Hijau, dan Sambal Teri. Jadi, tunggu apa lagi? Buruan siapkan stok ABC Sambal Nusantara varian rasa favoritmu dengan beli langsung di toko terdekat, cek informasi selengkapnya dengan klik di sini! ABC Sambal Nusantara, sambal asli Indonesia #HarusYangOtentik!

Selain itu, bagi kamu yang ingin berkreasi dengan resep sambal terasi di dapur, tim Fimela punya tips mengolah sambal terasi rumahan biar makin sedap dan tahan lama, lho!

Gunakan Terasi Berkualitas

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat eksekusi resep sambal terasi yang tahan lama adalah pastikan pilih terasi yang berkualitas. Terasi baru biasanya mengeluarkan aroma segar. Jika terasi sudah lama atau dibuat dari bahan yang kurang baik, maka bau yang ditimbulkan cenderung menyengat dan tidak segar. 

Selain itu, terasi yang baik adalah yang memiliki warna cokelat kehitaman. Hindari memilih warna yang kemerahan, karena biasanya sudah dicampur dengan pewarna kimia berbahaya.

Pilih Bahan Segar dan Tidak Layu

Selain terasi, bahan-bahan lain yang digunakan saat mengolah resep sambal terasi sebaiknya juga wajib diperhatikan. Pastikan cabai, bawang merah, bawang putih dan bahan lain yang dipakai masih segar agar rasa sambal lebih istimewa dan bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama. Penggunaan bahan yang sudah tidak segar atau layu bisa membuat kualitas sambal jadi menurun dan aromanya kurang sedap.

Ulek Sambal, Jangan Diblender

Teknik pembuatan sambal juga menjadi salah satu faktor yang membuat sambal terasi punya cita rasa mantap serta lebih tahan lama saat disimpan. Jadi, pastikan ulek bahan-bahan yang diperlukan, jangan diblender. Pasalnya, pemakaian blender biasanya memerlukan air agar bahan bisa lebih halus. Pemakaian air ini yang nantinya bikin sambal mudah ditumbuhi jamur.

Tumis Sambal Hingga Mengeluarkan Minyak

Setelah selesai diulek, tumis sambal hingga mengeluarkan minyak. Gunakan api kecil agar rasanya lebih meresap sempurna. Jika ingin tahan lama, pastikan sambal terasi benar-benar matang. Hal ini bisa dilihat dari perubahan warna yang lebih gelap serta aroma yang sedap.

Setelah memahami trik membuat sambal terasi rumahan yang tahan lama, berikut ini beberapa resep sambal terasi dengan berbagai bahan yang praktis dibuat dan pastinya menggugah selera!

Resep Sambal Terasi Belacan

Belacan adalah terasi khas Medan dan Pulau Belitung yang diolah menggunakan udang rebon segar. Bagi yang ingin menjajal nikmatnya sambal terasi belacan, ikuti resep sambal terasi belacan yang mudah ini. 

Bahan: 

2 sdm minyak untuk menumis 

8 buah cabai merah 

4 buah cabai rawit 

4 buah bawang merah 

1 sdt terasi bakar 

1/2 sdt garam 

1 sdt gula merah 

2 sdt perasan jeruk nipis

Cara Membuat: 

1. Panaskan minyak, tumis cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan terasi hingga harum. 

2. Angkat, lalu ulek di atas cobek. 

3. Bumbui dengan garam, gula merah, dan perasan jeruk nipis, aduk sampai tercampur rata. Sambal siap dinikmati.

Resep Sambal Terasi Cumi

Kalau bosan dengan olahan sambal terasi yang biasa, kamu bisa menambahkan cumi-cumi yang membuat cita rasa semakin gurih dan mantap. Berikut ini resepnya. 

Bahan: 

350 gr cumi segar

1 sdm minyak goreng

5 siung bawang putih

7 siung bawang merah

6 buah cabai merah besar

10 buah cabai rawit

5 gr terasi

1 sdt lada hitam

1 sdt garam

1 ikat kemangi

Bahan Pelengkap: 

1 buah jeruk nipis

Cara Membuat:

1. Bersihkan cumi dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu. Cuci hingga bersih. Lalu, potong kecil-kecil dan sisihkan

2. Masukkan bawang putih, bawang merah, cabai merah besar, cabai rawit, dan terasi ke dalam blender, haluskan. 

3. Panaskan wajan berisi minyak goreng dengan api sedang, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Tumis hingga harum. 

4. Beri tambahan garam dan lada hitam, aduk hingga rata. 

5. Setelah itu, masukkan cumi ke dalam wajan, masak hingga matang dan empuk. 

6. Jika bumbu sudah meresap, masukkan daun kemangi. Aduk sebentar, lalu angkat

7. Sajikan cumi terasi di atas piring dan beri perasan jeruk nipis (sesuai selera).

Resep Sambal Terasi Terong

Sambal terasi terong juga bisa jadi pilihan untuk mendampingi lauk favorit keluarga di rumah. Cara membuatnya juga nggak kalah mudah kok!

Bahan:

4 buah terong ungu

3 sdm krimer, larutkan dengan 300 ml air

1/2 sdt garam

Gula dan kaldu bubuk

Minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus (Goreng terlebih dulu): 

15 buah cabai merah keriting

10 buah cabai rawit merah

12 siung bawang merah

7 siung bawang putih

1 sdt terasi

1 buah tomat ukuran sedang

2 cm kencur

Cara Membuat:

1. Cuci bersih terong, belah menjadi 2 jangan sampai putus. Kemudian goreng terong sampai matang.

2. Tumis bumbu halus sampai harum dan matang.

3. Masukkan larutan krimer, gula, kaldu bubuk, dan garam, masak sampai kuah agak menyusut. Koreksi rasa.

4. Letakkan terong goreng di piring saji, lalu siram terong dengan sambal.

Itu tadi beberapa tips membuat sambal terasi rumahan yang tahan lama dan kreasi aneka sambal terasi yang bisa diolah dengan berbagai bahan yang ada. Selamat mencoba!

 

*berlaku untuk cabai rawit merah, bawang merah, dan terasi

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading