Sukses

Food

Jangan Buang Kulitnya: Inilah 5 Kandungan Nutrisi Kulit Ubi Jalar yang Baik untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Ubi jalar adalah jenisĀ  ubi-ubian yang kaya akan karbohidrat dan banyak digunakan saat sedang masa diet. Rasanya yang manis dan mudah didapatkan menjadi kelebihan ubi ini. Selain itu, cara mengolahnya juga cukup sederhana. Hanya dengan dikukus atau dipanggang saja ubi jalar dapat dinikmati.

Ubi jalar seringkali dimakan tanpa kulitnya. Orang-orang akan mengupas ubi jalar sebelum memakannya. Tapi tahukan Sahabat Fimela bahwa kulit ubi jalar dapat dimakan dan mengandung nutrisi yang tidak kalah jauh dari dagingnya? Berikut Fimela rangkumkan dari Medicinenet.com dan Healthline.com tentang 5 kandungan yang terdapat pada kulit ubi jalar.

1. Kaya akan Serat

Sebagian besar kandungan serat di ubi jalar berasal dari kulitnya. Serat dapat membantu untuk menurunkan kolesterol, mengontrol gula darah, dan baik untuk kesehatan usus. Selain itu, serat juga meningkatkan rasa kenyang sehingga tidak mudah lapar.

2. Antioksidan yang Tinggi

Ubi jalar terkenal sebagai sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Terutama kandungan beta karoten, asam klorogenat, serta vitamin C dan E. Sumber antioksidan pada ubi jalar berpusat di kulit bagian bawahnya. Antioksidan dapat membantu untuk mencegah kerusakan sel dan menurunkan risiko penyakit kronis, seperti kanker dan jantung

3. Kalium

Kalium dapat membantu mengontol kadar gula darah untuk mengatur keseimbangan elektrolit (mineral bermuatan listrik), kontraksi otot, dan dalam tubuh. Mengonsumsi ubi jalar tanpa kulit hanya menambahkan sekitar 320 mg kadar kalium. Dibandingkan memakan ubi jalar dengan kulitnya yang dapat menyumbang sekitar 475 mg kadar kalium untuk tubuh.

4. Magnesium

Magnesium memiliki peran yang krusial, yaitu pada penyerapan kalium dan kesehatan tulang. Makan ubi jalar dengan kulit mengandung lebih banyak magnesium daripada ubi jalar tanpa kulit. Ubi jalar dengan kulit mengandung 27 mg sedangkan ubi jalan tanpa kulit hanya mengandung 18 mg magnesium.

5. Kaya Vitamin C dan E

Kandungan vitamin C dan E pada kulit ubi jalan baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Ubi jalar dengan kulitnya mengandung 35,3 mg vitamin C atau senilai 50% dari kadar vitamin C yang diperlukan dalam sehari. 1 porsi ubi jalar mengandung vitamin E tanpa lemak jenuh.

Itu tadi adalah 5 nutrisi yang terkandung dalam kulit ubi jalar. Kulit ubi jalar ternyata mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Nah, sekarang tidak perlu lagi Sahabat Fimela membuang kulit ubi jalar ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading