Sukses

Food

5 Perbedaan Tepung Gandum dan Tepung Plain

Fimela.com, Jakarta Bulan puasa sebentar lagi tiba, permintaan pasar akan tepung biasanya meningkat untuk memenuhi ‘pesanan’ lebaran. Tepung sendiri umumnya digunakan untuk membuat kue-kuean, roti, saus, dan banyak produk manis-gurih lainnya.

Dalam dunia ‘pertepungan’, dikenal dua jenis tepung, yakni wheat flour dan plain flour. Baik tepung gandum maupun plain sama-sama bermanfaat dan dapat menghasilkan hidangan yang lezat.

Terlepas dari fungsinya yang sama-sama dapat disulap menjadi panganan yang enak, ada beberapa perbedaan di antara keduanya. Berikut adalah lima perbedaan tepung gandum utuh dan tepung polos (plain).

5 Aspek Perbedaan Tepung Gandum dan Tepung Plain, Bagus Mana?

Kandungan Serat

Perbedaan utama antara tepung gandum utuh dan tepung putih polos adalah kandungan serat. Tepung gandum utuh secara alami mengandung tingkat serat yang ditemukan dalam gandum. Sementara itu, tepung putih, telah mengalami banyak pengurangan serat dalam gandum selama proses produksinya yang berlapis.

Serat adalah bagian integral dari diet kamu karena mencegah sembelit, membantu mengendalikan gula darah, mengurangi kemungkinan mendapatkan penyakit jantung, dan membantu mengelola penurunan berat badan.

Nutrisi

Tepung gandum utuh juga kaya akan vitamin B-1, B-3, dan B-5, riboflavin dan folat. Tepung gandum utuh juga mengandung lebih banyak zat besi, kalsium, protein, dan elemen nutrisi lainnya daripada tepung putih. Jika kamu ingin mengonsumsi makanan bergizi yang seimbang, kamu bisa makan lebih banyak makanan yang menggunakan tepung gandum utuh.

Warna Tepung

Tepung gandum utuh berwarna sedikit lebih gelap dibandingkan dengan tepung putih karena wheat flour berisi ‘dedak’, endosperma, dan kuman yang terkandung pada gandum utuh secara alami. Di sisi lain, tepung plain berwarna putih karena kerap diberikan zat pemutih.

Umur Simpan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tepung gandum utuh mengandung dedak dan kuman yang ditemukan secara alami dalam gandum. Hal ini pun berpengaruh pada pengurangan umur simpan tepung gandum utuh sehingga tidak lebih awet dibanding tepung putih.

Tekstur

Dalam tes untuk membandingkan perbedaan antara tepung gandum utuh dan tepung putih polos, peserta dalam tes menggambarkan tepung gandum sebagai "remah," "kurang halus," "lebih fluffy," dan "lebih manis." Sedangkan untuk tepung putih, para peserta menggambarkan teksturnya sebagai "lengket" dan "pucat."

Demikian penjelasan tentang perbedaan tepung gandum dan tepung plain. Semoga artikel ini dapat membantu Sahabat Fimela untuk memilih jenis tepung yang tepat sesuai kebutuhan, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading