Sukses

Food

5 Buah Segar Untuk Turunkan Gula Darah, Mudah Ditemukan di Sekitar Rumah

Fimela.com, Jakarta Variasi tingkat glukosa dalam tubuh dipengaruhi secara signifikan oleh asupan makanan yang dipilih. Oleh karena itu, menjaga pola makan yang tepat dan memilih jenis makanan dengan bijak sangatlah penting.

Salah satu strategi untuk menjaga stabilitas glukosa darah adalah dengan mengonsumsi cukup buah-buahan dan sayuran. Dengan demikian, risiko diabetes dapat ditekan. Selain itu, nikmatnya rasa buah-buahan juga dapat membantu mengurangi tekanan saat mengatur glukosa darah.

Dalam beberapa informasi yang dilansir pada Rabu (28/2/2024), berikut ini daftar buah-buahan yang dapat menurunkan kadar gula darah.

1. Jeruk

Walaupun seringkali terasa manis, hasil studi menunjukkan bahwa buah jeruk mampu mengurangi tingkat glukosa dalam darah. Jeruk umumnya memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga pengaruhnya terhadap gula darah tidak terlalu besar. Di samping itu, senyawa naringenin yang terdapat di dalamnya, merupakan polifenol yang memiliki efek anti-diabetes yang kuat.

2. Mangga

Ternyata, manfaat buah mangga tidak hanya untuk menurunkan kadar gula darah dan obesitas, tetapi juga daunnya bermanfaat dalam mengurangi risiko diabetes dan menurunkan berat badan, serta mengendalikan kadar gula dan lemak darah.

3. Alpukat

Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah-buahan yang memiliki kandungan lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral seperti alpukat ini dapat efektif mengatur tingkat glukosa dalam darah manusia. Tidak hanya itu, mengonsumsi buah ini juga dapat memberikan perlindungan terhadap sindrom metabolik seperti hipertensi dan diabetes, yang merupakan faktor risiko untuk penyakit kronis.

4. Apel

Kandungan quercetin, asam klorogenat, dan asam galat ditemukan dalam apel, mampu menurunkan kadar gula darah serta mencegah diabetes. Riset menunjukkan bahwa mengonsumsi apel sebelum makan nasi selama 30 menit dapat secara nyata mengurangi tingkat gula darah setelah makan.

5. Beri

Kadar vitamin, serat, mineral, dan antioksidan yang bisa mengatur kadar gula darah cukup tinggi dalam buah-buahan beri seperti stroberi, bluberi, blackberry, dan lainnya. Penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi 2 cangkir (250 gram) raspberry merah dapat secara signifikan mengurangi insulin setelah mengonsumsi karbohidrat.

Sayuran Apa Saja yang Bisa Menurunkan Kadar Gula?

Beberapa sayuran hijau, seperti bayam, sawi, dan kangkung juga bagus untuk menurunkan dan mengontrol kadar gula darah.

Minum Apa Agar Gula Darah Normal?

Minum air yang cukup dapat membantu kadar gula darah dalam kisaran yang sehat. Selain itu, minum air yang cukup juga dapat membantu ginjal membuang kelebihan gula melalui urine sekaligus mencegah dehidrasi.

Daun Apa yang Cepat Turunkan Gula Darah?

Daun salam memiliki kandungan flavonoid yang dapat menurunkan kadar glukosa darah.

Apakah Mentimun Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah?

Timun mungkin berperan dalam mengendalikan dan mencegah diabetes. Ia mengandung zat yang dapat membantu menurunkan gula darah atau menghentikan kenaikan glukosa darah terlalu tinggi.

Apakah Pisang Bisa Menurunkan Gula Darah?

Ketika Anda menderita diabetes, penting untuk menghindari atau meminimalkan makanan yang menyebabkan lonjakan gula darah. Nah, Pisang bisa meningkatkan sekaligus menurunkan gula darah penderita diabetes.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading